Berapa Takaran Oli Samping Pas Buat Yamaha RX King?

Sebetulnya pada motor 2 tak seperti RX King, mencampurkan oli samping langsung ke dalam tangki bensin itu lebih aman, karena memastikan bahwa bensin yang ada sudah tercampur benar dengan oli Sobat Zonbie.

Jika oli ditempatkan di tempat yang terpisah, kebanyakan pengguna motor lupa untuk mengisi oli dan kalau sampai ini terjadi, mesin motor rawan rusak.

Untuk perbandingan campuran oli dan bahan bakar yang benar, bisa dicoba lihat pada buku manual. Pabrikan telah merekomendasikan perbandingan oli dan bahan bakar adalah 1:60, perbandingan tersebut dapat diartikan dengan 1 liter oli untuk 60 liter bensin.

Maka pada 1 liter bensin pencampuran oli yang dibutuhkan adalah sebanyak 16,6cc, jika untuk 10 liter bensin itu maka campuran olinya adalah 166cc, lebih aman dibulatkan saja menjadi 170 cc untuk 10 liter bensin.

Beberapa orang itu memakai campuran oli lebih banyak, agar mesin lebih dingin, misalnya 175 cc untuk 10 liter bensin (sama dengan 17 cc untuk 1 liter bensin). Beberapa bahkan pakai campuran 20cc untuk 1 liter bensin. Untuk beberapa pengguna sendiri selama bertahun-tahun memakai campuran oli 17cc untuk 1 liter bensin pada motor Yamaha RX King, selama ini tidak ada masalah. Mesin motor tetap awet, tidak terlalu berasap dan tarikan motor pun tetap kencang

Yang perlu diingat jika campuran oli 2T terlalu banyak, selain asap knalpot akan lebih tebal, juga akan membuat ruang bakar lebih cepat kotor, bahkan sampai timbul kerak. Kebanyakan oli juga bisa membuat justru tenaga motor jadi drop. Maka disarankan untuk pakai campuran oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan karena takarannya sudah pas, tidak kekurangan dan tidak berlebih. (Reza Agis)

Comments
Shares