Berhasil Kuasai Pasar Domestik

Berhasil Kuasai Pasar Domestik, Pertamina Lubricants Yakin Siap Bersaing di Pasar Global

Pertamina Lubricants, mengklaim telah berhasil kuasai kebutuhan lubricants di pasar domestik. Dengan dasar tersebut, Pertamina Lubricants mengaku telah siap bersaing dan kuasai pasar global.

Dijelaskan oleh Coordinator of Product Development Specialist PT Pertamina Lubricants, Sinung Wikantoro, bahwa sejak tahun 2017, Pertamina Lubricants sudah menjadi perusahaan pelumas berkelas dunia. Pertamina Lubricants, kini tidak hanya menjual produk pelumas saja, tapi juga menjadi penyedia lubricants solution.

“Kami menyediakan coolant, brake fluid, addictive dan banyak lainnya yang sedang dikembangkan,” ujar Sinung kepada Wartawan di sesi Ngobrol Virtual Dulu (Ngovid) bersama Forum Wartawan Otomotif (FORWOT).

Sinung juga menambahkan, bahwa Pertamina Lubricantas saat ini telah berada di posisi 15 dunia untuk perusahaan pelumas di pasar global. Posisi itu satu tingkat di bawah Petronas. Sementara Guilf Oil International dan Valvoline berada di peringkat 13 dan 12. Menurutnya, untuk mencapai puncak sebagai penguasa pelumas di pasar global tidak terlalu berat.

“Tantangan di posisi 15 bagi kami tidak berat dan kami percaya bisa bersaing di pasar global,” kata dia.

Pertamina Lubricants merintis pasar pelumas sejak tahun 1997. Seiring berjalannya waktu, Pertamina Lubricants melebarkan sayap dengan mengakuisisi sejumlah perusahaan di kawasan Asia Tenggara.

“Kami punya pabrik di Thailand,” ujarnya.

Untuk pasar overseas, kata Sinung Pertamina Lubricants saat ini telah menjajaki kerja sama dengan sejumlah negara. Namun tidak semua membuahkan hasil bagus.

“Saat ini baru ada 17 negara yang sudah kami saring dan masih dijajaki,” pungkasnya.

Comments