Berkendara Saat Puasa, Perhatikan 5 Hal Ini

Berkendara Saat Puasa

Menjalani kegiatan sehari-hari pada saat berpuasa tentunya menjadi tantangan tersendiri, salah satunya ketika kita harus berkendara.

Badan yang lemas karena menahan lapar, kekurangan cairan karena menahan dahaga, serta perubahan jam tidur bisa mengurangi konsentrasi saat berkendara.

Menurut Hariadi, Asst. to 4W, 2W & Marine Service Dept. Head PT SIS, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat berkendara dalam kondisi berpuasa, yaitu:

  1. Persiapan Sebelum Berkendara

Pengendara harus memperhitungkan beberapa hal sebelum berkendara, apalagi ketika berkendara dalam jarak yang lama atau jauh. Hal tersebut di antaranya adalah mempersiapkan kebutuhan saat akan melakukan perjalanan.

Salah satu contohnya, jika perjalanan dilakukan mendekati waktu magrib bawalah makanan dan minuman untuk berbuka puasa di perjalanan. Agar buka puasa tidak mengganggu konsentrasi berkendara, sebaiknya pengendara mencari tempat yang aman untuk berhenti sejenak.

  1. Hindari Hal-hal yang Menyebabkan Kantuk

Hal yang sering terjadi saat berpuasa adalah munculnya rasa kantuk berlebih dibandingkan biasanya. Oleh karena itu, bagi pengemudi mobil upayakan agar tidak menyetel suhu AC terlalu dingin karena udara dingin dapat menambah rasa kantuk.

Hal lain yang tak kalah penting untuk mengurangi kantuk saat berkendara adalah dengan memperhatikan pola dan jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur.

  1. Pentingnya Konsentrasi

Konsentrasi adalah hal yang sangat penting dalam berkendara. Salah satu yang menurunkan konsentrasi dengan drastis adalah rasa kantuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here