Thursday, October 1, 2020

Berkendara Selamat dan Sehat di Masa Pandemi, Begini Caranya Sob!

Sepeda motor masih menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia, sebagai alat transportasi di masa pandemi. Meskipun demikian, masyarakat harus tetap mengutamakan berkendara selamat dan sehat sebagai bagian dari protokol kesehatannya.

Pada masa transisi kehidupan baru (New Normal), masyarakat sudah mulai melakukan aktivitasnya kembali. Sepeda motor masih jadi pilihan favorit masyarakat, sebagai alat transportasi dalam beraktivitas keseharian. Dalam hal ini, masyarakat saat berkendara juga harus menerapkan protokol kesehatan sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Baca juga : Rapid atau Swab Test Sebelum Touring Penting Gak Sih?

Untuk menerapkan berkendara selamat dan sehat, Johannes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) membagikan tips-tipsnya dalam acara Ngobrol Virtual Dulu (NGOVID) bersama Forum Wartawan Otomotif (FORWOT).

Menurut Lucky, ada 3 hal yang harus diperhatikan Bikers ketika harus berkendara dengan sepeda motor di masa pandemi ini. Ketiganya adalah :

• Pre Riding
• Riding
• Post riding

Ada beberapa kegiatan yang harus dilakukan oleh Bikers, dari masing-masing bagian tersebut.

Pre Riding

  1. Bikers harus mempersiapkan perjalanannya, pastikan perjalanan tersebut merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Hindari melakukan perjalanan yang tidak penting.
  2. Ada baiknya, Bikers melihat kembali regulasi yang diterapkan oleh pemerintah. Hal ini berkaitan dengan zonasi paparan serta pembatasan sosial masyarakat yang diterapkan pemerintah
  3. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan normal dan sehat. Hindari memaksakan berkendara, ketika kondisi tubuh kurang sehat.
  4. Gunakan riding gear yang tertutup seperti jaket, sarung tangan, celana panjang, sepatu serta helm yang minimal dilengkapi dengan visor.
  5. Sebelum memulai perjalanan, pastikan juga kondisi kendaraan dalam keadaan baik dan laik jalan. Motor yang kondisinya tidak memungkinkan untuk digunakan melakukan perjalanan, sebaiknya jangan digunakan.
  6. Bikers ada baiknya memeriksa kembali rute yang akan dilalui. Hindari rute-rute jalan yang masuk dalam zonasi dengan tingkat paparan tinggi.

Riding

  1. Ketika sedang berkendara, Bikers diharapkan dapat mengontrol emosinya. Hindari seminimal mungkin, permasalahan yang bisa saja terjadi selama perjalanan.
  2. Tingkatkan kewaspadaan selama perjalanan sangat penting. Waspada kepada pengguna jalan lain yang pada masa pandemi ini malah semakin banyak, semisalnya pesepeda dan juga orang yang sedang berolahraga.
  3. Berkendara dengan tingkat kewaspadaan yang tinggi, fokus dan hindari segala potensi berbahaya yang ada selama perjalanan.
  4. Selalu menjaga jarak antar sesama pengguna jalan sangat penting. Buatlah jarak seaman mungkin dengan sesama pengguna jalan.
  5. Sebaiknya, hindari terlalu banyak melakukan transaksi selama perjalanan. Gunakan pembayaran non tunai, sebagai langkah antisipasi penyebaran virus yang bisa jadi menempel pada uang.
  6. Ketika butuh tempat beristirahat, pastikan tempat istirahat yang dikunjungi menerapkan protokol kesehatan yang baik.

Post riding

  1. Setibanya di rumah, baiknya pakaian serta riding gear yang digunakan ketika melakukan perjalanan langsung dicuci atau dibersihkan. Hal ini dilakukan guna, mencegah paparan virus yang mungkin saja bisa menempel pada pakaian atau riding gear.
  2. Sama halnya dengan pakaian atau riding gear, cucilah sepeda motor ketika selesai melakukan perjalanan.
  3. Bersihkan tubuh sesegera mungkin, mandi dengan sabun yang bersih guna menghilangkan virus yang menempel pada bagian tubuh.
  4. Beristirahatlah yang cukup, guna mencegah menurunnya imunitas tubuh. Imunitas tubuh yang menurun, bisa menyebabkan tubuh sangat mudah terserang oleh penyakit.

Demikian Sob, cara-cara mudah berkendara selamat dan sehat. Semoga, kita semua selalu dalam keadaan sehat dan pandemi ini segera berakhir.

Latest Update

Ajak Pelajar Praktik Perbengkelan, Pertamina Lubricants Luncurkan Enduro Express di SMK Yosonegoro Magetan

PT Pertamina Lubricants melalui Sales Region V bersinergi dengan PT Nitro Pratama Indonesia (PT NPI), ajak pelajar praktik perbengkelan. Dalam hal ini, PT Pertamina Lubricants...

Francesco Bagnaia Resmi Perkuat Ducati Corse Tahun Depan

Tim balap MotoGP Ducati Corse, pastikan Francesco Bagnaia bakal memperkuat tim pabrikan tersebut bersama Jack Miller. Sebagaimana diketahui, sebelumnya baik Bagnaia dan Miller pernah memperkuat...

PRB Chapter Lampung Resmi Mendeklarasikan Diri

Pasemotonan Riders Bali (PRB), semakin melebarkan sayapnya. Akhir pekan lalu (27/9), PRB Chapter Lampung resmi berdiri. Pasemotonan Riders Bali mulanya, merupakan kumpulan bikers yang merupakan...

BMW G 310 Series Terbaru Siap Meluncur Awal Bulan Oktober

BMW G 310 series terbaru dipastikan akan meluncur pada awal bulan Oktober 2020 ini. Hal ini terungkap dalam, beberapa teaser yang tersebar di jagad...

GCN Chapter Garut Rayakan HUT Pertama Dengan Semangat ‘Kertas’

Merayakan hari jadi yang pertama, GCN Chapter Garut adakan tasyakuran sekaligus pencanangan diri sebagai bagian dari keluarga besar GSX Community Nusantara. Dengan mengusung tema 'Kertas'...