Supermoto

Biaya Custom Supermoto Seharga Rp 5 Juta, Bagian Ini Yang Perlu Diperhatikan

Biaya modifikasi bergaya Supermoto cukup beragam, mulai di angka Rp 5 juta hingga lebih dari 200 juta. Semua tergantung dari komponen yang dipakai dan seberapa jauh ubahan yang ingin dilakukan.

Menurut Lerry Rahmat Rizki punggawa Caos Custom Bikes yang bermarkas di bilangan Pancoran, Jakarta Selatan, gaya modifikasi Supermoto terfokus pada kaki-kaki. Karena itu, ubahan dasar modifikasi ini cuma membutuhkan sedikit biaya. “Bisa di angka Rp 5 jutaan,” buka Lerry.

Supermoto

Biaya itu diperuntukkan untuk penggantian pelek jari-jari dan ban tubeless.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ubahan Supermoto terfokus pada kaki-kaki. Karena itu biaya yang dibutuhkan untuk ubahan dasar tak mahal. Meski tak mahal, justru bagian itulah yang paling krusial dari sebuah custom bergaya Supermoto.

“Kekuatan utama dari Supermoto itu di bagian kaki-kakinya, khususnya bagian pelek dan jari-jari. Karena pelek jadi penopang utama aktivitas bermotor pengguna Supermotor yang biasanya melibas jalur-julur tak wajar. Kalau peleknya jelek, penggunaan suspensi, ban dan lengan ayun yang mahal pun jadi sia-sia,” ujar Lerry.

Supermoto

“Kalau kualitas peleknya kurang bagus, bisa cepat rusak (bengkok atau retak) saat melintasi jalur off road. Kalau jari-jari nya tak kokoh bisa patah. Kalau sudah begitu, percuma saja pakai ban, suspensi dan lengan ayun yang mahal,” tegas Lerry.

“Makanya, saat modifikasi bergaya Supermoto salah satu komponen yang perlu diperhitungkan adalah peleknya,” pungkasnya.

Comments
Shares