Tuesday, September 29, 2020

Bikers Supermoto Blusukan di Masa Transisi New Normal, Angkat Potensi Wisata

Memasuki masa transisi new normal, sekelompok bikers supermoto yang tergabung dalam grup Aki-Aki Ghaoul langsung melepas kerinduan touring dengan riding bareng menuju beberapa destinasi wisata di Purwakarta, Jawa Barat pada Sabtu, 6 Juni 2020.

Bikers supermoto dari Jakarta, Cikarang, Karawang, Cirebon dan Bandung tersebut blusukan melalui jalur off road menuju area wisata seperti Kebun Teh Panglejar, Sendang Geulis, Paranggombong, Waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata.

Bikers Supermoto

“Setelah lama ikuti aturan pemeritan untuk work from home atau pembatasan sosial berskala besar (PSBB), kangen juga untuk riding bareng pakai supermoto. Begitu ada pengumuman memasuki era new normal, akhirnya kita ngegas bareng muter-muter di daerah Purwakarta,” ujar Lerry Rahmat Rizki, anggota group Aki-aki Ghaoul yang juga pemilik bengkel spesialis supermoto Caos Custom Bikes di Jakarta.

Perjalanan menuju Purwakarta dilalui dengan melintasi jalur aspal. Setengah perjalanan di kawasan Purwakarta saat menuju beberapa lokasi wisata, motor-motor dual purpose itu dibelokan ke jalur semi offroad yang lumayan menantang. Meski tak mudah untuk melewatinya mengingat trek yang dilalui di kawasan tersebut usai diguyur hujan, mereka sangat menikmatinya.

Bikers Supermoto

“Kalau di rumah terus bisa stress. Tak perlu takut corona, namun tetap waspada,” ujar Therly Boy, pengguna D-Tracker yang baru pertama kali touring.

Meski baru pertama kali, Therly mengaku sangat senang. Terlebih bisa berkumpul dan membangun silaturahmi dengan teman-teman sehobi yang sudah lama tak pernah bertemu selama masa PSBB.

Perasaan bahagia yang meningkatkan hormon Endorfin serta olah raga bermotor membuat badan jadi lebih sehat. “Tak perlu takut corona, Tuhan yang pegang nafas hidup kita. Jadi jalanin aja. Kebersamaan juga harus dijaga,” cetus Therly Boy.

Bikers Bantu Angkat Potensi Wisata Daerah

“Kita harus mensyukuri karena Indonesia punya banyak potensi pariwisata yang bagus. Bikers selalu mendukung pengambangan lokasi wisata,” ucap Therly.

Diakui atau tidak, para bikers punya andil besar dalam promosi lokasi wisata di Indonesia. Dengan motor, mereka bisa memasuki lokasi-lokasi yang tak bisa dijamah dengan kendaraan roda empat. Mereka datang, membuat foto dan video lalu menginformasikan kepada dunia melalui media sosial.

Bikers Supermoto

“Iya dong.. Dengan kita sampai ke tempat-tempat terpencil lalu kita berfoto dan vidio terus dibantu publikasi oleh media online dan media sosial, otomatis kita mengangkat sektor parawisata daerah tersebut. Awalnya orang gak tau di tempat itu ada air terjun bersih yang belum terjamah. Dengan publikasi media online dan media sosial orang jadi tau, akhirnya orang lain ingin ke sana walau pun banyak jalan yang sulit dilalui,” tegas Lerry.

Lerry juga mengatakan, kehadiran bikers di daerah pelosok pun bisa menggerakan roda ekonomi masyarakat setempat. Setidaknya warung-warung kecil jadi lebih hidup. “Apalagi saat banyak orang semakin tau melalui media dan akhirnya datang ke sana. Selain wisatanya, roda ekonomi akan bergerak lebih baik. Apalagi pemerintah daerahnya juga ikut menyambut, tentu akses jalan akan dibuat lebih baik sehingga semakin banyak wisatawan yang datang,” sambung Lerry.

“Banyak kok lokasi wisata di daerah yang awalnya diviralkan oleh bikers,” pungkas Lerry.

Aki2 Ghaoul – Never Stop Piknik!

Latest Update

Sabun Cuci Motor Asal Bikin Motor Kusam

Pada musim hujan seperti saat ini, adakalanya Sobat Zonbie jadi sering mencuci motor. Namun, ada yang harus Sobat Zonbie perhatikan, yaitu sabun cuci motor...

Bikers Tangsel Bergerak, Bantu Proses Recovery Korban Banjir di Sukabumi

Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Sukabumi, membuat para bikers Tangsel untuk bergerak menggalang bantua guna meringankan beban para korban. Melalui Forum Bikers Tangerang Selatan...

Aksi Sosial Gabungan Komunitas Motor Yamaha, Bantu Korban Banjir Sukabumi

Para bikers dari berbagai komunitas motor Yamaha, gelar aksi sosial gabungan guna membantu para korban banjir bandang di Sukabumi. Musibah banjir bandang yang terjadi di...

Suzuki Hayate Owners Club, Gelar Pemilihan Pengurus Baru Secara Virtual

Melalui sebuah kegiatan yang dilakukan secara virtual, Suzuki Hayate Owners Club (SHOC) adakan pemilihan pengurus baru untuk periode 2020 – 2022. Meski berada di tengah...

Aerox 155 Community Jabodetabek, Berbagi Dengan Korban Banjir Bandang Sukabumi

Aerox 155 Community Jabodetabek, menggelar aksi sosial demi meringankan beban para korban banjir bandang yang terjadi di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat. Sebagaimana diketahui sebelumnya, telah...