Diet Golongan Darah

Bikers..! Yuk Diet Sesuai Golongan Darah

Ada banyak pilihan ber-diet. Cara yang mudah dan menyenangkan alias tidak menyiksa diri pasti jadi incaran. Tentu saja hasil tokcer diharapkan.

Diet tak hanya berguna untuk membentuk tubuh yang ideal atau atletis, tapi yang jauh lebih penting adalah mengantarkan kita pada hidup sehat. Dengan kata lain, berat badan berlebih bukan cuma tidak enak dilihat, tapi juga mengundang berbagai pernyakit.

Buat Sobat Zonbie yang mulai tidak nyaman akibat berat badan yang berlebih, barangkali sudah waktunya menilik asupan makanan. Bisa jadi, makanan yang masuk ke dalam tubuh justru “sampah” bagi tubuh.  Belum lagi sedikitnya frekuensi berolahraga,  akan semakin mengancam kesehatan. Sering kita meremehkan hal ini, karena memang ancaman penyakit yang datang  tidak instan, tapi akibatnya pasti.

Dalam menjalani diet tak asal menghindari makanan secara konvesional. Ada baiknya kita mengikuti “kamus diet” berdasarkan golongan darah. Untuk menghindari terjadinya reaksi buruk, penting bagi kita untuk menyesuaikan golongan darah dengan asupan makanan yang kita makan.

Golongan Darah O

Rancangan diet untuk golongan O, adalah dengan mengonsumsi protein hewan dan olahraga yang intens. Selain itu dapat juga mengonsumsi sayuran bervitamin K dan buah yang mengandung alkali seperti beri dan plum.

Dikarenakan golongan darah O tidak akrab dengan karbohidrat, batasilah konsumsi biji-bijian, roti, nasi, gandum, kacang kedelai, dan konsumsi produk susu dan turunannya, seperti keju, yoghurt.

Golongan Darah A

Manusia golongan darah A justru dianjurkan mengonsumsi karbohidrat dan organic, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan tahu sangat dianjurkan, karena protein nabati sangat bermanfaat buat menurunkan produksi insulin. Sayur-sayuran juga sangat penting buat si A sebagai sumber enzim, mineral dan antioksidan.

Golongan darah A sebaiknya menghindari daging-dagingan, karena efeknya akan membuat tubuh si pemilik darah A akan merasa lemas. Hal ini disebabkan kadar asam lambung rendah sehingga sulit mencerna daging. Menghindari buah mangga, pepaya, dan jeruk, karena akan mengganggu sistem pencernaan.

Golongan Darah B

Golongan darah B dianjurkan akrab dengan daging merah dan sayuran. Kunci sukses diet justru pada keseimbangan mengonsumsi keduanya. Tipe B pun disarankan menikmati ikan dan boleh mengonsumsi susu.

Penyebab pertambahan berat badan pada si B justru pada konsumsi jagung, gandum hitam, kacang-kacangan dan biji wijen. Makanan-makanan ini bila dikonsumsi akan memperlambat sistem metabolisme.

Golongan Darah AB

Tahu merupakan protein yang terbaik untuk dikonsumsi golongan darah AB. Kacang-kacangan dan biji-bijian dalam jumlah yang kecil juga diperbolehkan. Sayur-sayuran yang mengandung phytochemical baik untuk mengimbangi kekebalan tubuh AB yang lemah.

Tipe AB tidak mampu mencerna daging dengan efisien, karena rendahnya kadar asam lambung. Seperti daging ayam yang mampu mengiritasi darah dan sistem pencernaan. (Sumber: 4PLAY)

 

Comments
Shares