BMW S1000RR Versi 2019, Selamat Tinggal Lampu Asimetris

Bukan cuma Ducati yang gemas akan ketangguhan Kawasaki Ninja ZX-10RR di arena WSBK. Pabrikan asal Jerman, BMW Motorrad juga ingin mengincar kemenangan lewat produk baru mereka, S1000RR versi 2019 yang dirilis di EICMA 2018.

Perubahan radikal bisa dilihat mulai dari sektor eksterior motor ini Sobat Zonbie. Hampir nggak ada mirip-miripnya dengan versi terdahulu.

Paling kentara dengan tak lagi adanya lampu asimetris pada headlamp-nya. Juga absennya kisi udara di fairing yang mirip celah insang ikan hiu. Padahal hal tersebut yang jadi ciri di dua generasi S1000RR sebelumnya.

Sebagai gantinya, ada sepasang headlamp LED dengan proyektor dan kisi pendingin mesin lebih kecil dari sebelumnya. Buat Zonbie, tampang barunya ini malah ngingetin ke sosok paus pembunuh ya. Hehehe.

Selain tampang, sasisnya pun berubah, terutama di bagian subframe-nya. Tengok deh, sekarang modelnya tubular dengan ekspos yang lumayan menyolok berkat penggunaan kelir emas. Nggak lagi model kotak dan diumpetin seperti sebelumnya. Sasis baru ini diyakini jadi salah satu penyumbang diet S1000RR yang kini cuma 197 kg, atau secara total turun 11 kg dari model lawasnya.

Mesin 4-silinder segaris 999 cc-nya pun kena rombakan yang signifikan nih. Yakni dengan penambahan fitur variable valve berjuluk BMW ShiftCam yang bakal menyesuaikan penggunaan profil kem sesuai putaran mesin dengan kontrol dari ECU.

Tenaganya pun direvisi, memang nggak seganas Ducati Panigale V4 R yang tembus 217 dk. Tapi cukup dengan kenaikan 8 dk menjadi 207 dk dalam kondisi standar.

Proyek Come Back di WSBK

Tapi bukan hanya motor yang jadi modal bersaing di WSBK 2019, karena BMW Motorrad yang sudah sejak 2013 silam hengkang dari WSBK, kini kembali bersama Shaun Muir Racing Team.

Tahun depan, tim anyar tersebut bakal dibela oleh mantan juara WSBK 2013 Tom Sykes dan juara World Superstock 1000, Markus Reiterberger.

Comments
Shares