BMX Bermesin Honda CT90, Peraih Banyak Penghargaan

Jay LaRossa adalah seorang Engineer, sejak kecil dia suka dengan sepeda BMX Redline. Setelah dipikir-pikir dan melihat sebuah image motor Honda Cub 50 yang dibangun mirip dengan sepeda BMX dari salah satu pengguna instagram asal Jepang, ditambah lagi beberapa tahun lalu Jay pernah membicarakan dengan temannya yang ingin membangun Honda CB350 bergaya sepeda BMX, dari situlah akhirnya diputuskan untuk membangun sebuah sepeda BMX Redline tahun 80-an dengan kombinasi mesin Honda CT90 yang sudah tersedia di garasi rumahnya. 

Dimulai dengan melakukan pemotongan frame motor kecuali mounting yang ada nomer mesinnya, head tube dan tube bagian bawah.Setelah selesai melakukan pemotongan, Jay memulai membuat frame dari awal dengan menggunakan pipa baru. Tangki bahan bakar diposisikan di tube bagian atas dengan menggunakan pingle petcock, swing arm honda CT90 dipotong agar bisa menggunakan axle mount dan pengatur rantai. 

Kemudian garpu sepeda BMX dipasang dan disesuaikan dengan mesin CT90, dimana handlebar BMX model V bar dipasang CT90 Internal Throttle. Sedangkan pipa yang ada dibawah jok sepeda dipasang clamp baru dan jok sepeda BMX diganti dengan jok kulit warna merah. Velg jari-jari menggunakan velg bahan stainless steel. Agar pedal sepeda BMX bawaan masih bisa digowes, maka dipasang satu set BMX bear trap pedal pada stock peg mount, jadi ketika ingin bernostalgia dengan sepeda BMX, maka masih bisa menggowesnya atau saat kehabisan bensin bisa tertolong untuk menuju pom bensin terdekat dengan mengayuhnya. 

Mesin motor diupgrade menjadi 110cc menggunakan mesin Lifan baru, serta penutup mesin honda diganti, untuk knalpotnya dipesan dari iron Cobra fabrication yang terbuat dari bahan stainless steel pula. 

Setelah semua yang dibutuhkan sudah terpasang dan dirakit, langkah berikutnya melakukan pengecatan dan powder coating warna red candy, sedangkan garpu, frame dan v bar dicat warna putih dan ditambahkan beberapa sticker sebelum diclear, sedangkan semua mor dan baut dan bebarpa part tertentu dilapisi warna zing.  Aki menggunakan antigravity 4-cell dan kabel disembunyikan dibelakang mesin. Lampu strip LED dipasang masing-masing sisi garpu menghadap ke depan karena berfungsi sebagai lampu utama. Untuk bagian belakang pada plat nomer diberi hiasan lampu berjalan dan lampu rem.  

Begitu sepeda BMX bermesin Honda CT90 tersebut selesai, diikutkan pada acara Deus Biker Build Off yang berhasil meraih juara satu untuk kategori minimalis, dan selebihnya Jay sering mengendarai motor BMX tersebut untuk ikutan di acara Born free, ikut dipameran The One Moto Show di Porlandoa, Corsa Moto Classic juga meraih juara pertama dan di IMS show di Long Beach yang mendapat penghargaan Ingenuity award. 

Dari situ banyak orang yang telah melihat motor BMX tersebut dan menyukainya bahkan tak segan-segan untuk bertanya berapa biaya pesan untuk membangun motor BMX tersebut. Gimana Sob, ada yang tertarik untuk membangunnya juga? 

Comments
1 2
Shares