Bob Nichols Juru Korek Motor Perang Tutup Usia

Era Perang Dunia Kedua menjadi sarana tempur banyak peralatan perang, bukan hanya pesawat tempur, kapal perang, persenjataan atau lainnya. Bahkan motor pun turut jadi andalan para serdadu di medan tempur.

Salah satu peracik motor, alias tuner yang terkenal saat perang adalah Bob Nichols. Seorang insinyur yang  mengenal seluk beluk setiap spare part motor Indian Scout tahun 1937. Dan belum lama ini, Nichols telah meninggal dunia di usianya yang ke-97 tahun.

Nichols muda mulai berkecimpung di garasi motor sejak berusia 11 tahun dan selain itu juga sudah aktif dalam dunia balap. Walaupun pekerjaannya tertunda karena harus mengikuti wajib militer perang dunia ke-II.

Loading...


Bob Bergabung dengan angkatan darat Amerika pada bulan September 1944 yang bertugas menjadi mekanik dan mendarat di Tinian Island di benua Pasific yang menjadi markas pesawat tempur B-29 yang mengebom Jepang.

Selama Perang Dunia Ke-2 Bob Nichols telah berhasil menyelamatkan 3 pesawat tempur yang terjatuh ke laut dan berani berenang sendirian untuk memperbaiki pesawat tersebut.

Loading...


Setelah pulang dari medan perang, Nichols kembali menjadi mekanik dan menjadi pelopor penggunaan con rod berbahan titanium dan almunium. Juga ada rancangan cam dan crankshaft flywheels.

Setahun kemudian berhasil menciptakan crankcase baru untuk Indian 648 dengan menggunakan friction ball yang lebih kecil. Dan sepanjang hidupnya banyak ide-ide yang dibuatnya untuk membuat motor menjadi lebih kencang dan tangguh.

Loading...