Bondowoso Pomade, Produk Lokal Siap Diadu

Sejalan dengan berlangsungnya ajang Festival Desa Nusantara 2018 belum lama ini, Zonbie sempat mampir ke booth salah satu peserta yang memamerkan produk UKM berupa pomade buatan lokal Bondowoso.

Pomade tersebut diproduksi oleh pemuda enerjik dan produktif ini bernama Yergi Saengin Pratama, sambil memperlihatkan produk-produk pomade yang didisplay Yergi menjelaskan sedikit tentang produk pomade yang diproduksinya sendiri.  

Awal tahun 2014 Yergi hanyalah seorang pengguna pomade dengan membeli secara online, setelah dipikir-pikir dari pada hanya menggunakan sendiri, kenapa tidak menjualnya saja secara offline disekitar daerah Bondowoso tempat kediaman Yergi.

Saat itu di Kota Bondowoso sendiri tidak banyak orang yang mengenal pomade, awal jualan Yergi membeli produk pomade dari Jakarta dengan orderan pertama membeli satu lusin. Di awal bisnisnya untuk menghabiskan pomade yang hanya berjumlah 1 lusin itu membutuhkan waktu sebulan lamanya.

Jelang akhir tahun 2014 Yergi mempunyai impian dan keinginan untuk memproduksi pomade sendiri. Sehingga dengan tekat yang bulat Yergi memberanikan diri untuk memesan bahan-bahan dasar pembuatan pomade.

Referensi mengenai pomade dipelajarinya dari tutorial yang ada di internet, artikel demi artikel, video tutorial ditontonnya, dengan berbekal pengetahuan yang didapatkannya melalui internet, Yergi mulai bereksperimen dan menggabungkan beberapa formula untuk membuatnya.

Trial and error terus dilakukan, awal mulai produksi Yergi mengalami kegagalan sekitar 9 kali, ada pomade yang terlalu keras saat dicolek, ada yang terlalu lembek, hingga akhirnya di awal tahun 2015 Yergi mulai menemukan formula dengan takaran yang pas setelah mengalami 9 kali kegagalan selama dalam percobaan.

Dari formula yang ditemukannya Yergi mulai memasarkan pomadehome made sendiri di sekitar Bondowoso. Pomade yang dipasarkan pertama kali berbasis oil-based dengan lebel “Claster Pomade” yang kemudian diganti nama dengan “Bondowoso Pomade” alasannya menggunakan nama tersebut karena Yergi ingin memajukan kotanya sendiri.

Pada pertengahan tahun 2015 Yergi sudah mulai memiliki reseller pomade brand kebanggaannya sendiri yang dipasarkan di Jember, Banyuwangi dan Kalimantan. Pada awal tahun 2016 Bondowoso Pomade sudah memiliki distributor dibeberapa kota dan ditahun 2017 Yergi yang juga penggemar motor custom ini akhirnya berhasil membuka store khusus pomade di Bondowoso.

Pecinta pomade di Bondowoso sendiri sejak tahun 2014 hingga 2015 masih sepi, namun ditahun 2016 sejalan dengan ramainya scene motor custom. Pomade juga menjadi gaya hidup para pecinta motor custom di Bondowoso danmendapatkan imbasnya, sejak tahun 2016 antusias pomade mulai bertambah banyak hingga sekarang ini.

 

Untuk mendapatkan produk dari Bondowoso pomade ini silahkan bisa menghubungi 

Bondowoso Pomade 

CP : Yergi Saengin Pratama 

0815 5326 4054

Comments
Shares