Monday, January 18, 2021

Boss Hoss Produsen Motor Pertama Yang Menggunakan Mesin V8

Sobat Zonbie mungkin sudah tau ragam konfigurasi mesin motor. Mulai dari satu silinder, twin parallel, V-Twin atau 4-inline. Tapi ada satu pabrikan asal Amerika yang nekat mengandalkan mesin berkonfigurasi V8 di produk mereka. Yup, inilah Boss Hoss.

Boss Hoss adalah sebuah perusahan motor yang didirikan oleh Monte Warne di Dyerburg, Tenessee Amerika pada tahun 1990.

Yang membedakan motor produk Boss Hoss dengan motor-motor lainnya yaitu mesin yang digunakan adalah mesin V8 keluaran General Motor dengan paduan transmisi semi manual. 

Monte Warne sendiri adalah seorang pilot pesawat komersial dan juga seorang teknisi di sebuah perusahaan penerbangan. Ia orang pertama yang berani mendesain ulang mesin V8 untuk dipasang di motor.

Perusahaan tersebut sukses karena konfigurasi mesin motor yang berbeda dengan motor pada umumnya. Hingga pertengahan tahun 1990 sudah 300 unit terjual dan target produksi sebanyak 4.000 unit di akhir tahun 2006. 

Di tahun yang sama Boss Hoss menjadi motor legal pertama yang menggunakan mesin V8 di dunia. Bahkan negara-negara Eropa mulai memesan.

Produknya semakin berkembang demikian pula mesinnya, yang kemudian menawarkan 2 transmisi ditambah reverse. Hingga sekarang ini line-up motor Boss Hoss antara lain BHC-3 ZZ4, BHC-3 ZZ4 SS, BHC-3 502, BHC-9 ZZ4 dan BHC 9 502. 

Latest Update