BPKB Asli atau Palsu

BPKB Asli Atau Palsu, Begini Cara Deteksinya

Bagi Sobat Zonbie yang sedang ingin membeli kendaraan bekas, harus bisa memastikan surat-surat kendaraan lengkap dan asli. Dalam kesempatan ini, zonabikers.com akan berikan tips bedakan BPKB asli atau palsu.

Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) sangat penting diperhatikan saat membeli kendaraan bekas. Jangan sampai tergoda mendapatkan harga kendaraan murah, nyatanya surat-surat kendaraan tersebut palsu.

Baca juga : Pelayanan Spesial Ditlantas Polda Metro Jaya Untuk Pemohon SiM Kelahiran 1 Juli

Cara membedakan BPKB asli atau palsu pun sangat mudah, Sobat Zonbie bisa melakukan 4 hal dibawah ini :

Perhatikan cover BPKB

Untuk BPKB yang asli, memiliki cover dengan bahan yang memiliki tekstur halus dan berwarna mengkilap. Sementara untuk BPKB palsu biasanya memilik bahan cover yang kasar dan warna cenderung buram.

Cek hologram

Pada halaman paling depan buku BPKB terdapat hologram berwarna abu-abu. Saat diterawang, hologram BPKB asli tetap berwarna abu-abu tidak akan berubah warna. Lain halnya dengan BPKB palsu, hologram akan berubah warna biasanya jika diterawang akan berubah warna kekuningan.

Periksa nomor seri

Pada bagian bawah hologram, terdapat nomor seri. Nomor tersebut diterbitkan untuk membedakan wilayah atau domisili pemilik kendaraan. Untuk detail nomor tersebut sayangnya bersifat rahasia dan tidak bisa dipublikasikan.

Lambang Korlantas

Pada halaman buku BPKB akan terdapat lambang Korlantas Polri, lambang ini bisa terlihat jika halaman buku disinari dengan sinar ultraviolet. Saat dirabapun, halaman buku akan terasa kasar sebab lambang Korlantas Polri itu juga menggunakan bahan timbul.

Itu tadi 4 cara membedakan BPKB asli dengan yang palsu, apabila Sobat Zonbie ada yang ingin menambahkan silahkan tambahkan di kolom komentar ya.

Comments