Bro Ringo 2019

Bro Ringo 2019, Wartawan dan Bikers Dapat Edukasi Seputar Pelumas

Banyak yang menarik dari gelaran touring ke-17 Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) yang mengusung tema besar Bro Ringo (Obrolan Ringan Otomotif) 2019. Pada kegiatan Bro Ringo 2019 tersebut Pertamina Lubricants memberikan edukasi mengenai pelumas kendaraan kepada 90 wartawan otomotif dari media cetak dan juga online, serta komunitas.

Bro Ringo 2019

“Penting bagi pengendara untuk mengetahui pelumas yang tepat bagi kendaraannya. Melalui Forwot Bro Ringo, kami ingin mengedukasi teman-teman jurnalis dan juga komunitas pentingnya memilih pelumas tepat yang sesuai dengan kebutuhan.” ujar
Agung Prabowo, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants,

Salah satu pembahasan yang menarik adalah penggunaan pelumas Diesel seperti Meditran yang bekerja secara optimal dalam fungsi detejensi tinggi, digunakan untuk mesin motor. Mengingat pelumas Diesel memiliki aditif sangat tinggi (TBN) dibandingkan dengan pelumas mesin bensin.

“Penggunaan pelumas mesin Diesel, tidak cocok buat motor sekalipun memiliki viskositas sama. Karena aditif deterjen yang berlebihan bagi mesin motor itu malah jadi ada yang tidak terpakai. Kelebihan aditif itu justru akan menempel pada komponen mesin, seperti piston, katup dan sebagainya. Usia pakai komponen bisa menurun drastis,” ujar Agung.

TBN (The Base Number) pada pelumas diesel tinggi, karena memang karakter mesin Diesel yang bekerja dalam kompresi tinggi. Ditambah dengan solar yang terkombusi oleh kompresi bukan percikan busi (spark). Sehingga butuh TBN tinggi untuk mencegah agar pelumas Diesel tidak cepat teroksidasi yang merusak performa pelumas.

Comments
Shares