BSA Gold Star, Motor Balap Legendaris Bermesin Sederhana

Motor BSA Gold Star adalah motor yang paling dominan mengikuti balapan dijamannya, tidak hanya balapan di aspal saja, namun juga di bukit, flat track, pantai, California desert dan masih banyak lagi. Menariknya, motor yang diproduksi sejak pra-perang dunia ini memakai teknologi yang terbilang sederhana.

Mesin motor BSA Gold Star ini sangatlah sederhana berkapasitas 350cc dan 500 cc dengan silinder tunggal, berpendingin air-cooled, menggunakan overhead valve dan amal karburator tunggal. Barrel dan head nya dibuat dari bahan alumunium alloy dipadukan dengan gearbox elektron alloy, sementara untuk frame nya dibuat dari bahan lightweight. Rahasianya justru ada di ketangguhan dan daya tahan mesin tersebut.

Nama Gold Star sendiri diambil dari sebuah pin yang dipasang pada pembalap mampu mencapai kecepatan lebih dari 100mph di sirkuit Brooklands. Dimana seorang pembalap legendaris bernama Wal Handley yang berhasil melakukannya pada tahun 1937. 

Setelah pensiun memutuskan untuk mengendarai motor BSA Empire Star yang sudah dimodifikasi dengan bahan bakar menggunakan alkohol dengan perbandingan rasio kompresi 13:1. 

Wal Handley berhasil meraih kecepatan hingga 106 mil perjam di Historic Circuit, sehingga BSA semakin terkenal dikancah motorsport. Namun produksi  Gold Star yang baru terganggu oleh Hitler, sehingga produksinya sempat terhambat dan baru dilanjutkan setelah perang dunia ke-2 yang dirilis pada tahun 1948. 

Tentu saja dijaman sekarang ini sangatlah sulit untukmendapatkan motor BSA Gold Star. Kalau pun ada motor ini sangatlah bernilai tinggi sama dengan motor-motor langka dan bersejarah lainnya. Salah satu contoh motor yang terselamatkan seperti yang bisa kita lihat di foto, BSA Gold Star ini menjadi incaran para kolektor.

Terlebih lagi model tersebut adalah model motor yang digunakan untuk balapan ditahun 1956. Bukan versi standar memang, karena ada beberapa perubahan desain di head mesin yang baru, lalu penggunaan Amal GP Karburator dibuat lebih besar 1,5 inchi, intake valve lebih besar dan menggunakan fly wheel yang telah di upgrade serta close-ratio gearbox.

Motor tersebut bakal dilelang dengan di mecum auction dengan perkiraan harga antara US$20.000 hingga US$30.000. Sobat Zonbie minat?

Comments
Shares