Jasa Calo

Buat SIM Lewat Jasa Calo? Siap-siap Kena Proses Hukum

Membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan cara kolektif menggunakan jasa calo SIM, masih digemari sebagian masyarakat. Hal ini diklaim sebagai cara yang paling cepat dan mudah.

Meski demikian, banyak masyarakat pemohon SIM tidak sadar akan banyaknya kerugian yang disebabkan. Apalagi bisa saja terjerat kasus hukum akibat dari pembuatan SIM menggunakan jasa calo SIM.

Kerugian paling nyata adalah dari sisi biaya, pengajuan SIM dengan melalui calo akan memakan biaya lebih mahal ketimbang pembuatan SIM yang sesuai prosedurnya.

Dikutip dari Kompas.com, Kasie SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar mengatakan bahwa tidak ada untungnya membuat SIM dengan jasa perantara. Jasa percaloan juga bisa dianggap kasus pidana korupsi karena ada gratifikasi.

“Tidak ada untungnya, ujian pembuatan SIM juga bisa dipelajari dan dilatih lebih dahulu, tidak sulit. Lalu perlu dipahami bahwa, pencaloan ini termasuk perbuatan korupsi karena ada gratifikasi,” kata Kasie SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar.

Baca juga : Registrasi SIM Online, Makin Cepat dan Mudah

Kompol Fahri melanjutkan, dengan membuat SIM menggunakan jasa calo berarti mendukung adanya tindakan korupsi. Bagi oknum terkait akan diproses sesuai ketentuan berlaku, yakni terancam terjerat pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman penjara paling lama empat tahun.

Sedangkan pemohon yang membuat SIM melalui calo, akan dipanggil oleh pihak berwajib untuk dimintai keterangan atas perbuatannya sejelas mungkin. Tak menutup kemungkinan juga bisa kena imbasnya.

“Yang pasti, kita akan berikan masukkan terkait pembuatan SIM. Tidak ada untungnya menggunakan calo, membuat SIM itu mudah dan cepat,” kata Fahri.

Fahri juga menyatakan, setiap hari pihaknya melakukan pengawasan dan pemeriksaan untuk oknum calo di sekitaran pembuatan SIM dan tempat tertentu. Selain itu, ada juga akses pengaduan yang bisa dimanfaatkan pemohon SIM jika menemukan hal-hal berkaitan praktik calo.

Comments