Bukan Ducati Monster Sob! Ini Indian FTR 1200

Imej pabrikan motor Indian yang dikenal sebagai produsen motor-motor cruiser dengan tampang konservatif bakal langsung hilang dengan produk anyar berjuluk Indian FTR 1200 ini.

Pasalnya alih-alih merilis cruiser berkesan berat dengan mesin bongsor seperti Chieftain atau pun Scout, kali ini Indian merilis FTR 1200 yang merupakan model naked bike yang sepintas desainnya mirip ‘petarung’ asal Italia, Ducati Monster.

Loading...


Kemiripan keduanya terlihat pada aplikasi sasis tubular model twin spar yang terekspos jelas. Pun demikian dengan bodi belakangnya yang minimalis dengan kesan berotot. Serta knalpot dual exit muffler di sisi kanan yang membuat Monster dan FTR 1200 seperti saudara.

Toh begitu, perbedaan keduanya juga masih bisa kentara kok Sob. Contohnya di headlamp bulat keduanya, yang untungnya dimensi batok FTR 1200 lebih kecil, jadi nggak mirip-mirip banget deh. Desain tangkinya juga khas Indian.

Maklum, Indian sendiri menyatakan jika FTR 1200 memang didesain mengikuti garis motor balap dirt track legendaris mereka, Indian Scout FTR750.

Loading...


FTR 1200 sendiri dibekali mesin V-Twin 1.203cc berpendingin cair yang berbasis mesin Scout. Mesin tersebut di-up grade dari versi standarnya mulai dari diameter valve yang dibuat lebih lebar dan kompresi yang dinaikan jadi 12,5:1. Selain itu, Indian juga melakukan bore up dari mesin Scout yang 1.133 cc agar performanya lebih galak.

Di mana tenaganya kini melonjak menjadi 120 dk. Tujuannya jelas, untuk menyaingi Monster 1200 yang punya tenaga 150 dk.

Harganya? FTR 1200 dilepas dalam dua versi. Yakni standar yang dilego Rp 195 juta. Serta FTR 1200 S yang dilengkapi panel spidometer digital 4,3 inci dengan koneksi smartphone seharga Rp 225-240 juta tergantung warna yang dipilih.

Loading...