Bukan Hanya Siswa, Kini Guru SMK Juga Beradu Keterampilan Teknis

Sudah sejak 10 tahun silam, gelaran keterampilan teknis bertajuk Astra Honda Skill Contest for Vocational School diadakan untuk mengaduk skill siswa SMK. Tapi tahun ini beda.

Pasalnya di The 10th Astra Honda Skill Contest for Vocational School 2019 diadakan kelas baru untuk menguji kemampuan gurunya.

Seperti Zonbie lihat di PT Daya Adicipta Motora (DAM) menggelar seleksi Regional Jawa Barat ajang The 10th Astra Honda Skill Contest for Vocational School 2019 di Gedung Training Center PT DAM, Jl Raya Cibeureum No. 26 Bandung pada 11-12 September 2019.

Di mana dari hasil seleksi yang telah dilaksanakan pada 13-14 Agustus 2019 terpilih pemenang kontes yakni Juara Pertama Deden Bhakti Indradi Daryana dari SMKN 8 Bandung, Juara kedua Iman Mawardi dari SMK Islam Cipasung, dan juara ketiga Khoirul Hidayat SMK Bina Mandiri Bekasi.

Saat ini DAM sudah membina sebanyak 134 SMK TBSM yang sudah menjalankan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda (KTBSM) di Jawa Barat. DAM juga menyediakan dan membuka kesempatan bagi lulusan-lulusan SMK TBSM Honda di Jawa Barat untuk dapat bekerja di seluruh jaringan AHASS yang tersebar luas di Jawa Barat.

Sedangkan untuk siswa SMK sendiri, sebanyak 5.434 siswa dari 134 SMK Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Honda di Jawa Barat mengikuti kompetisi uji kompetensi mulai dari tingkat sekolah sebagai seleksi tahap awal menuju kompetisi regional.

Dari hasil seleksi yang sangat ketat, terpilih 40 siswa yang mengikuti The 10th Astra Honda Skill Contest for Vocational School 2019 Regional Jawa Barat.

General Manager Technical Service DAM, Denny Budiman mengungkapkan bahwa ajang ini semakin memperkuat kepedulian terhadap generasi muda hebat dan berprestasi di dunia vokasi melalui helatan akbar The 10th Astra Honda Skill Contest for Vocational School 2019 yang telah memasuki pelaksanaan 1 dekade.

“Astra Honda Skill Contest ini merupakan pelaksanaan ke-10 sejak diselenggarakan pada tahun 2010. Astra Honda Skill Contest merupakan komitmen kami dalam dunia pendidikan vokasi industri, terutama dalam program link and match antara dunia usaha dan pendidikan,” ujar Denny.

Seleksi AHSC for Vocational School 2019 ini semakin ketat dan komprehensif dengan kriteria dan penilaian yang menyeluruh. Pada hari pertama, seluruh peserta mengikuti babak penyisihan meliputi soal teori dan kerja bangku. Kemudian hari kedua, para finalis akan diuji dengan uji kemampuan teknik, yang meliputi ujian teori, ujian Kerja Bangku (analisa teknik) dan ujian trouble shooting. Kompetisi ini dinilai oleh juri-juri independen yang berasal dari AHASS terpilih dan instruktur teknis dari PT DAM.

Nantinya, kompetisi ini akan menghasilkan 5 orang pemenang dan 5 orang tersebut akan mewakili Jawa Barat di ajang The 10th Astra Honda Skill Contest for Vocational School 2019 yang diselenggarakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada bulan Oktober di Jakarta.

Comments
Shares