Akrapovic

Bukan Sekedar Kejar Performa, Ini Edukasi Akrapovic Soal Knalpot After Market

Produk knalpot asal slovenia, Akrapovic berikan sebuah program training bagi para dealer-dealer yang menjual produknya di Indonesia. Program training ini bertujuan agar para penjual produk knalpot after market ini memahami dengan benar produk yang dijual kepasaran.

Akrapovic

Knalpot merupakan salah satu parts yang paling sering diubah oleh kebanyakan bikers saat ini, meski demikian dalam penggantiannya tak sedikit bikers yang tidak menyadari betul pentingnya keaslian, peruntukan dan kesesuaian komponen dari knalpot tersebut.

Seperti yang ditegaskan oleh Area Sales Manager – Motorcycle Division Akrapovic,Glavas Lovro, bahwa untuk menggunakan produk aftermarket knalpot seperti ini, butuh pemahaman yang mendalam. Bukan sekadar mengangkat performa kendaraan saja. Dan pemahaman itu bukan hanya dimiliki oleh penggunanya saja namun penjual pun harus punya pengetahuan lebih tentangnya.

“Senang sekali kami bisa berbagi pengetahuan dengan teman-teman yang ikut berbisnis knalpot aftermarket dari kami di Indonesia. Setidaknya, kami bisa menunjukkan bahwa komitmen kami untuk produk aftermarket ini cukup besar. Mulai dari proses pengambilan material, riset, produksi hingga penggunaan teknologi tinggi dalam semua prosesnya kami lakukan,” ujar Lovro.

Lebih lanjut Lovro menjelaskan, perkembangan industri kendaraan secara global, juga turut mempengaruhi kinerja mereka secara umum. Mengingat mereka juga dituntut bisa beradaptasi dengan regulasi otomotif di banyak negara. Seperti soal pembatasan emisi gas buang dan efisiensi penggunaan bahan bakar.

“Di Eropa, kendaraan sudah menggunakan regulasi emisi bahan bakar Euro 5. Hal ini menuntut kami bisa tetap membuat knalpot yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Ini tidak mudah, lantaran banyak hal yang harus dikorbankan, terutama soal performa dan suara.”ungkapnya.

Akrapovic

Lovro menambahkan bahwa mayoritas konsumen yang mengganti knalpot tujuannya ingin meningkatkan performa dengan cara yang mudah, lalu tampilan yang lebih baik dan suara yang lebih baik. Untuk regulasi Euro 5 ini peningkatan performa tidak seperti knalpot untuk spesifikasi mesin Euro 4 atau Euro 3.

Berbicara soal pasar di Indonesia, Akrapovic cukup antusias. Mengingat Indonesia adalah salah satu pasar terbesar sepeda motor dunia. Sayangnya, mayoritas produk mereka masih bermain di kapasitas mesin besar. Kemudian harga yang ditawarkan juga masih cukup tinggi.

“Di sinilah pentingnya edukasi. Sebab apa yang kami jual, benar-benar bisa dipertanggung jawabkan. Semua komponen ada part number-nya alias teregistrasi dengan baik. Sehingga konsumen yang membeli bisa mengetahui keaslian komponen yang mereka beli.”

Lovro pun menegaskan bahwa soal harga mereka memang tidak bisa berbuat banyak lantaran menawarkan kualitas terbaik dan bergaransi secara internasional. Tentu ini penting, mengingat banyak juga merek aftermarket khususnya knalpot yang ada dipasaran Indonesia.

Comments