Bukit Sikunir Dieng, Menikmati Pesona Golden Sunrise

Jika Sobat Zonbie touring ke daerah Wonosobo di Jawa Tengah, jangan lupa untuk menyambangi Bukit Sikunir di Dieng. Cukup menempuh perjalanan selama 12 jam dari Jakarta.

Ongkosnya murah meriah Sob, Rp 10 ribu untuk masuk Kawasan Wisata Dieng dan Rp 10 ribu untuk wisata Bukit Sikunir.

Telaga Cebong

Bukit Sikunir terkenal akan pemandangannya yang indah saat matahari terbit yang keemasan dan kerap dijuluki Golden Sunrise. Untuk menuju Bukit Sikunir, Sobat Zonbie harus melewati Desa Sembungan, lokasi Bukit Sikunir yang diklaim jadi desa tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 1.306 mdpl.

Pastikan juga, Sobat Zonbie sampai tepat waktu agar bisa menyaksikan Golden Sunrise. Karena dari parkiran yang bersebelahan dengan Telaga Cebong ini masih dibutuhkan waktu menanjak sekitar 30 menit lagi. Motor sih, nggak boleh sampai atas Sob!

Idealnya, jam setengah 3 pagi sudah sampai parkiran agar cukup untuk buang air dan makan dulu sebelum menanjak. Maklum, di atas Bukit Sikunir, nggak akan ditemukan toilet atau warung. Toilet terdekat ada di pos 2 yang cukup jauh dari puncaknya. Warung terdekat? Ya di dekat parkiran itu.

Ramainya Pengunjung Bukit Sikunir

Jika Sobat Zonbie berniat menginap, banyak tersedia homestay di sekitaran Dieng. Namun jika ingin merasakan petualangan sejati, bisa kemping di sisi Telaga Cebong.

Oiya, karena hawanya yang dingin menusuk tulang. Di mana pada bulan Agustus lalu bisa mencapai suhu beku, ada baiknya mempersiapkan perlengkapan. Seperti jaket tebal, sepatu dan sarung tangan. Jangan lupa kupluk, atau buff untuk menutup kuping yang akan terasa perih saat udara dingin.

Comments
Shares