Bus Antar Kota Jaman Now, Bagasinya Muat Motor Sob

Sobat Zonbie masih ingat kabar soal Yamaha XMax yang ‘touring’ ke Blitar dengan menumpangkan motor dengan bus? Nah, tampaknya angkutan motor dengan bus akan jadi tren ke depannya.

Pasalnya saat ini makin banyak karoseri (perusahaan bodi) bus yang memproduksi bus-bus dengan tambahan dudukan sepeda motor di bagasi bawahnya.

Salah satunya bus Mercedes Benz 1626 Transporter dengan bodi Laksana Legacy SR2 ini. Kapasitas angkut motor maksimal bisa sampai 6 unit dengan konfigurasi berhadapan.

“Tapi untuk jumlahnya tentu tergantung kebijakan PO (Perusahaan Otobus). Mereka yang menentukan seberapa banyak dudukan motornya. Karena kan harus mengangkut barang penumpang lainnya juga,” kata seorang tim sales Karoseri Laksana.

Lebih jauh, menurutnya ada syarat bagaimana bus dapat menjadi sarana pengangkut motor. Yakni tipe sasis yang bagian tengahnya plong, alias space frame.

“Kalau masih model ladder frame, seperti Hino RK, Hino RN dan Mercy 1526 nggak bisa buat angkut motor. Kalau Mercy 1626, 1836, 2542 dan Scania K360 dan K410, semua bisa,” urainya saat Zonbie temui di ajang Busworld Indonesia 2019.

Space Frame membuat bagasi rata tanpa ada gundukan sasis

Syarat lainnya, bagian bagasi harus dipasang dudukan roda motor agar posisinya nggak berubah, atau justru terjatuh jika ada guncangan.

Selain itu, bodi bus juga wajib yang model tinggi (super high deck) agar muat motor. Dan bus juga nggak boleh tingkat.

Comments
Shares