Busi Racing NGK Tingkatkan Dukungan Olahraga Balap Nasional

Busi Racing NGK

Sobat Zonbie, produsen busi racing PT NGK Busi Indonesia akan meningkatkan dukungannya di dunia balap di 2017 ini.

Dijelaskan Mahesa Argha Yudha, Assistant Marketing Manager PT NGK Busi Indonesia, pihaknya telah sepakat dengan beberapa tim balap untuk mendukung kegiatan balap yang akan mereka jalani. Selain agenda balap 2 roda, di tahun ini NGK juga akan mensupport beberapa team dan agenda balap 4 roda.

“Beberapa team balap, 2 roda maupun 4 roda sudah kita konfirmasi akan NGK support. Sebagian sudah kita temui dan berdiskusi mengenai agenda racing tahun ini akan seperti apa, terutama dikarenakan semakin banyaknya permintaan busi racing NGK di lapangan”, ujar Mahesa Argha Yudha.

Loading...


Mengenai busi NGK racing competition, Diko Octaviano Technical Support PT NGK Busi Indonesia menjelaskan, “Busi racing adalah busi yang sudah bersahabat di sirkuit-sirkuit balapan Indonesia maupun Internasional dengan ciri khas sebutan “Busi Merah”, di desain khusus untuk engine yang sudah mengalami peningkatan kompresi dengan perbandingan air fuel ratio tinggi untuk mencapai maksimum power.”.

Diko juga memaparkan beberapa faktor yang harus diperhitungkan dalam pemilihan busi untuk kebutuhan racing. Yang pertama adalah celah Busi. Semakin kecil celah busi maka akan semakin sedikit konsumsi listrik yang dibutuhkan, namun seiring jalannya waktu elektroda akan mengalami keausan sehingga gap juga akan bertambah. Dalam hal ini umur pakai busi dapat kita perhitungkan.

Kedua diameter elektroda. Selain celah busi, diameter elektroda berperan besar dalam mengantarkan arus listrik yang terjadi antara elektroda pusat dengan elektroda ground. Sehingga hal ini juga berpengaruh dalam proses pembentukan api yang terus membesar untuk mengurangi efek quenching. “Untuk dapat mengurangi penggunaan listrik (sparking voltage), penggunaan busi dengan diameter elektroda yang kecil akan efektif. Selain itu pemilihan bahan juga berpengaruh dalam meningkatkan performance dan durability,” jelas Diko.

Loading...


Lebih jauh Diko menjelaskan beberapa tipe busi yang bisa dipakai untuk harian namun juga bisa sebagai alternative kebutuhan balap, di antaranya adalah G-Power. Dikatakan Diko, generasi busi berbahan platinum yang hanya dimiliki oleh NGK ini, khusus untuk kendaraan yang membutuhkan response yang cepat dengan durability yang lebih baik dari standar, inti api cepat membesar.

Kemudian ada Iridium, produk dengan ciri khas berwarna biru dilengkapi dengan bahan material iridium yang mampu bertahan pada tingkat panas tinggi, lebih baik dalam penggunaan bahan bakar, pertumbuhan inti api cepat meluas, respon meningkat, durability lebih lama dan anti karbon fouling.

Untuk memilih busi yang cocok buat balap, kamu bisa baca di sini.

Loading...