Cara Aman Ngecas HP di Motor

Ngecas HP di Bagasi Motor

Saat ini banyak motor yang sudah dilengkapi power outlet atau USB di dalam bagasi untuk ngecas HP (handphone).

HP jadi perangkat yang tak pernah terpisah dari genggaman. Alat yang digunakan untuk berkomunikasi, berdagang, bermain game dan lain sebagainya nyaris tak terpisahkan dari kehidupan mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Baca Juga : PCX Luxurious Ride Peserta Wajib Tampil Elegan, Pakai Dasi dan Jaket Semi Jas

Saking perlunya, pabrikan motor sampai menyediakan USB port untuk ngecas hp supaya pengendara motor tak perlu khawatir kehabisan daya baterai di tengah kesibukan sehari-hari.

Loading...


Tapi, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan power charger yang ada pada motor agar tidak rusak dan tidak membuat baterai motor melemah hingga mati.

Berikut yang perlu diperhatikan saat ngecas hp dengan power charger di dalam bagasi agar awet dan efektif :

Baca Juga : Tutup Tahun 2021 AHJ Gelar Kopdar Gabungan Offline Perdana, Bikers Penuhi Area Car Wash Gue

Loading...


  1. Gunakanlah Perangkat Charger Berkualitas (Original)

Perangkat charger seperti kepala charger dan kabel charger yang berkualitas (original) memiliki material yang telah lulus standar keamanan, sedangkan perangkat charger yang tidak original memiliki kualitas material yang belum teruji sehingga dapat menimbulkan masalah seperti meleleh, korsleting dan lain sebagainya.

  1. Pastikan Kondisi HP Dalam Keadaan Mati

Kondisi hp yang menyala ketika charging dalam bagasi motor bisa mengakibatkan panas berlebihan pada hp sehingga bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Mematikan hp yang dicas dalam bagasi motor akan mengurangi dampak terjadinya panas berlebih yang dapat memicu hal-hal buruk terjadi.

Loading...


  1. Mesin Sepeda Motor Dalam Keadaan Hidup

Ketika menggunakan power charger, mesin motor harus dalam keadaan hidup agar daya baterai (accu) tidak melemah atau mati. Jangan ngecas hp saat posisi kunci kontak berada pada posisi ”ON” saja.

Baca Juga : ADV Urban Exploride Geliatkan Lokasi Wisata

  1. Hindari Menggunakan Charger Paralel

Penggunaan charger paralel (lebih dari satu charger) dapat menimbulkan masalah, karena kondisi bagasi akan menjadi lebih panas. Hal ini bisa memicu hal-hal buruk terjadi.

Loading...


  1. Jangan Buat Ngecas Power Bank 

Ngecas power bank dalam bagasi motor beresiko terjadi panas berlebih yang dapat menimbulkan hal-hal buruk terjadi.

  1. Periksa Bagasi Sebelum Meninggalkan Motor

Selain untuk menjaga kenyamanan, hal ini juga merupakan langkah preventif mencegah terjadinya resiko hal-hal buruk terjadi.

Karena hp yang tertinggal di bagasi dapat menjadi panas berlebih karena terpapar suhu udara dari luar seperti sinar matahari, pastikan pula untuk mencabut perangkat charger yang terpasang di power charger sebelum meninggalkan motor.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here