Begini Cara Atur Barang Bawaan Di Motor Untuk Touring

Barang Bawaan di Motor

Kegiatan touring untuk waktu yang lama jelas membutuhkan persiapan matang. Mulai dari perencanaan rute, lokasi istarahat, waktu tempuh, perencanaan keuangan hingga barang bawaan di motor.

Bicara masalah barang bawaan di motor untuk touring jauh dan lama, perlu ditata dengan baik supaya barang bawaan tersebut tak mengurangi faktor kenyaman dan keamanan saat berkendara.

Baca Juga : Pandemi Berangsur Pergi, Bikers Mulai Trabasan Lagi

Loading...


Baca Juga : Ride and Camp D’Raptors Brothers Selepas PPKM

Penataan barang bawaan di motor saat touring perlu dilakukan. Teruma agar tak kerepotan atau kesulitan saat mencari barang yang dibutuhkan saat istirahat di tengah perjalanan.

Berikut Cara Menata Barang Bawaan di Motor

Pisahkan Barang Sesuai Kelompok

Loading...


Pisahkan barang bawaan tersebut sesuai kelompoknya. Jangan campur aduk dalam penataannya supaya mudah mencarinya saat barang tersebut dibutuhkan.

Seperti kelompok barang-barang elektronik, barang perlengkapan mandi, pakaian ganti dan barang-barang keperluan lainnya.

Baca Juga : Mengingat Kembali Fungsi Oli Mesin Tak Cuma Melumasi Komponen, No 3 Bikin Hati Nyaman

Loading...


Baca Juga : Nokia G300 HP 5G Buat Bikers Yang Mau Jaringan Kencang, Harga Lebih Murah Dari Helm KYT

Masukkan ke Dalam Plastik

Masukkan semua barang tiap kelompok ke dalam satu wadah plastik atau bahan anti air. Tujuannya agar tetap kering jika hujan, juga mengantisipasi kebocoran bagasi, box atau tas.

Loading...


Tumpuk Sesuai Bobot

Tempatkan barang dalam tumpukan sesuai dengan bobotnya. Yang paling berat berada di tumpukan paling bawah. Tujuannya agar tekanan bobotnya tak merusak barang yang lebih ringan.

Baca Juga : Teknologi Smart Watch Selamatkan Nyawa Biker Korban Tabrak Lari

Loading...


Barang Sering Digunakan Simpan di Sebalah Kiri

Tempatkan barang yang paling sering diambil atau digunakan di bagasi (box/bag) sebelah kiri. Tujuannya agar saat dibutuhkan di tengah perjalanan, maka posisi pengendara akan ada di sisi kiri saat mengambilnya.

Jika di posisi sebelah kanan, akan berisiko atau rawan terserempet kendaraan lain.

Loading...


Barang Jarang Digunakan Simpan di Sebelah Kanan

Simpan atau posisikan barang yang jarang digunakan dalam perjalan di posisi penyimpanan sebelah kanan. Seperti pakaian ganti dan barang lain yang diperlukan hanya ketika kita tiba di tujuan atau penginapan.

Atur Posisi Tenda dan Tas

Loading...


Tenda dan duffle bag berada dalam satu ikatan dengan satu set tali pengikat. Posisi matras dan tripod berada pada susunan paling atas, agar memudahkan ketika hendak digunakan. Satu buah spider bungee cord sudah cukup untuk mengikat semuanya.

Jika Tanpa Bagasi

Bagi yang tidak punya bagasi (box/bag), prinsipnya sama saja. Yaitu tempatkan barang dengan urutan yang paling berat berada di paling bawah.

Loading...


Usahakan beban pada bagian kiri dan kanan selalu seimbang demi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here