Thursday, January 21, 2021

Cara Cepat Buat SIM Internasional

Bagi Sobat Zonbie yang sedang ingin riding diluar negeri, Sobat wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional atau International Driving Permitt (IDP).

SIM Internasional

SIM ini harus dibuat di negara asal, contohnya seperti di Indonesia yang bisa dibuat melalui jalur kepolisian. Hal ini sudah tertera dalam Peraturan Kepala Polisi No. 9 Tahun 2012, dalam pasal 51 ayat 1 disebutkan penerbitan SIM Internasional bisa diajukan ke Satpas Korlantas atau Polda. Salah satu di Korp Lalu Lintas Polri Bid Regident Subbid Pegemudi bagian SIM Internasional yang ada di Jl Letjen MT Haryono, Kav 37-38, Jakarta Timur.

Cara pembuatan SIM ini pun cukup mudah bahkan tidak serumit membuat SIM reguler. Karena Sobat Zonbie tidak perlu lagi menjalani pengetesan teori atau praktik baik menggunakan kendaraan atau simulator, cukup dengan membawa berkas kelengkapan yang diperlukan.

Apa saja berkas yang diperlukan? Berikut adalah berkas yang wajib Sobat Zonbie bawa dan serahkan saat pengajuan, diantaranya adalah :

  1. KTP asli dan Foto copy
  2. Paspor asli dan Foto copy
  3. SIM yang masih berlaku
  4. KITAP (kartu izin tinggal tetap) asli dan
  5. Foto copy khusus warna negara asing (WNA)
  6. Satu lembar materai Rp. 6.000
    Pas Foto 4×6 sebanyak tiga lembar terbaru. (Latar belakan wajib biru, untuk pria wajib berdasi dan wanita menggunakan Blezer).

Proses

Latest Update