Cara Menghindari Kejahatan Phishing Ketika Berbelanja Online

Phishing

Berbelanja melalui situs marketplace maupun e-commerce, saat ini sudah jadi tren tersendiri di masyarakat. Ketika berbelanja secara online ini juga perlu diwaspadai, dengan adanya ulah beberapa orang yang tak bertanggung jawab melakukan tindak kejahatan phishing.

Semakin banyaknya marketplace yang menerapkan pembayaran dengan menggunakan rekening bersama relatif menghindarkan pembeli tertipu oleh penjual palsu sehingga kasus penipuan dibagian ini hampir sama sekali tidak ada selama transaksi dilakukan melalui beberapa situs marketplace atau e-commerce resmi.

Phishing

Loading...


Namun demikian, kasus penipuan dan pencurian justru terjadi pada data pribadi pengguna transkasi online. Prosesnya dinamakan phishing. Berikut ini teknik menghindari pencurian data identitas melalui teknik phishing:

Sobat Zonbie sebaiknya selalu bertransaksi pada marketplace atau toko online yang punya reputasi bagus. Jika marketplace tersebut menawarkan fasilitas pembayaran setelah barang diterima atau pembayaran ditempat atau COD (cash on delivery), sebaiknya Sobat Zonbie memilih cara tersebut.

Hati-hati terhadap penawaran atau promo yang tidak masuk akal misalnya harga terlalu murah di luar kewajaran. Biasanya para penipu online menjebak calon pembeli untuk segera membayar dengan iming-iming harga yang sangat murah.

Loading...


Lindungi perangkat elektronik Sobat Zonbie dengan menggunakan operating system yang asli, serta internet security atau antivirus yang asli sehingga secara otomatis program security di laptop atau perangkat lain yang Sobat Zonbie gunakan akan diupdate sesuai dengan perkembangan virus. Jika software Sobat tidak update, maka perangkat Sobat semakin rentan terhadap aneka kejahatan di dunia online terutama phishing (pencurian identitas).

Phishing

Setiap marketplace ataupun e-commerce pasti membutuhkan sebuah akun dari pembeli, untuk masuk Sobat Zonbie harus membuat sebuah akun. Dalam halpembuatan akun, buat kode pin se-unik mungkin dan sulit ditebak. Jika perlu, gantilah pin Sobat Zonbie minimal 2 kali setahun.

Loading...


Pencurian data seringkali juga terjadi pada area publik dengan tingkat pengamanan minimum seperti di public hotspot seperti di bandara, kafe, hotel, dan lain-lain. Pada area hotspot terbuka seperti itu, akan sangat mudah bagi para hacker untuk menembus komputer atau gadget Sobat Zonbie dan mencuri data rahasia yang Sobat milki.

Tawaran untuk mengisi data banyak terjadi di mall atau tempat lain dengan iming-iming hadiah untuk keperluan tertentu. Sebaiknya hindari dan jangan mengisi data kartu kredit/atm formulir online.

 

Loading...