Catat..! Ini 5 Poin Penting Perencanaan Touring

Touring

ZONABIKERS.COM – Touring pakai motor jelas perlu persiapan dan perencanaan matang seperti motor yang prima hingga pemahaman rute yang mau dilalui.

Tak kalah penting, persiapan fisik dan mental juga harus disiapkan buat mengahadapi berbagai kondisi dan situasi tak terduga selama perjalanan.

Selain demi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan, rangkaian persiapan dan perencanaan akan membuat pengalaman touring jadi lebih menyenangkan.’

Baca Juga : Bikers Wajib Tau, Kalau Gejala Ini Muncul Berarti Kampas Kopling Aus

Loading...


Baca Juga : Empat Hal Ini Bikin Kampas Kopling Motor Cepat Aus

Perencanaan touring jadi tahap awal sebelum perjalanan dilakukan. Berikut beberapa poin persiapan dan perencanaan touring:

1. Jam Keberangkatan

Loading...


Tentukan jam keberangkatan atas kesepakatan bersama. Agar semua peserta tau kapan harus berada di titik kumpul dan kapan perjalanan akan dilakukan. Tujuannya untuk menghindari terjadinya keterlambatan keberangkatan touring karena menunggu teman yang terlambat datang.

Mundurnya jam keberangkatan akan memengaruhi suasana perjalanan dan keterlambatan tiba di lokasi tujuan. Yang paling berbahaya, berkendara bisa jadi terburu-buru karena mengejar waktu tiba di tujuan.

2. Legalisasi

Loading...


Jika diperlukan, siapkan surat izin atau surat jalan dari pihak berwenang. Hal ini berguna jika dalam perjalanan rombongan touring dihentikan oleh petugas yang menanyakan surat izin melakukan berkendara secara berkelompok.

Baca Juga : Ganti Per Kopling After Market, Perhatikan Hal Ini

Baca Juga : Apa Itu Oli Mesin dan Oli Transmisi Motor Matik dan Apa Fungsinya?

Loading...


3. Delegasi

Delegasikan tugas-tugas tertentu dengan menunjuk PIC petugas touring biar tak terjadi kesalahan komunikasi antar peserta touring.

Berikut petugas touring yang harus ditunjuk sebelum melakukan perjalanan touring :

Loading...


  • Road Captain : Bertugas memandu rombongan dari titik kumpul hingga tempat tujuan. Usahakan pilih rider yang sudah berpengalaman.
  • Sweeper : Bertugas mengatur laju kelompok sesuai arahan dari road captain dan memberi informasi ke road captain jika rombongan terpisah atau terjadi sesuatu di belakang.
  • Safety Officer : Memberi briefing kepada peserta dan melakukan pemeriksaan terhadap kelayakan kendaraan peserta, barang bawaan yang wajar, hingga memastikan perlengkapan berkendara peserta mulai dari helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, sepatu sudah sesuai standar dan terpasang dengan benar.
  • Technical Officer : Memberi bantuan teknis jika terjadi masalah di jalan.
  • Health Officer : Memberikan bantuan kesehatan kepada peserta jika dibutuhkan dan membawa perlengkapan P3K.

4. Sosialisasi

Beri informasi secara lengkap kepada seluruh perserta terkait rencana perjalanan yang akan dilakukan. Mulai dari lokasi tujuan, rute yang akan dilalui, PIC yang bertugas dan apa saja yang harus disiapkan oleh seluruh perserta.

Bila diperlukan, berikan form pendaftaran dan menyertakan surat keterangan sehat terbaru dari rumah sakit atau dokter.

Loading...


5. Administrasi

Ada baiknya membuat administrasi dengan baik dan lengkap, mulai dari daftar perserta touring lengkap dengan data motornya, bahan bakar yang dibutuhkan selama perjalanan, kebutuhan makan dan minum selama perjalanan dan di lokasi, hingga biaya penginapan untuk seluruh peserta.

Perencanaan yang matang bikin pengalaman riding yang menyenangkan.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here