Sejarah Honda CBR600RR, Konsisten Lahirkan Supersport untuk Balap dan Harian

Honda CBR600RR

Kesuksesan motor protipe Honda di MotoGP bernama RC211V, membuat pihak pabrikan berupaya membuat terobosan besar. Hal tersebut kemudian diwujudkan dengan melahirkan Honda CBR600RR.

Sejarah Honda CBR 600RR

Tahun 1987, Honda Hurricane 600 menjadi penyegar di segmen motor sport. Sepeda motor ini sekaligus menjadi ancaman di kelas menengah. Terlebih, Honda CBR600 menawarkan mesin yang benar-benar revolusioner. Dengan kinerja mesin yang mengesankan, Honda CBR600 dijadikan tolak ukur di kelasnya.

Seberapa efektif CBR600 pertama ini? Pada tahun 1987, balap kelas Supersport 600 juga memulai debutnya di trek seluruh Amerika. CBR600F memenangkan dan menyapu bersih sembilan balapan. Seperempat abad berikutnya, inovasi seputar teknis CBR600 tetap berlanjut dan kian berkembang. Setelah itu, setiap generasi penerusnya secara berturut-turut terus mengisi lembaran ulasan majalah, angka penjualan dan hasil balap yang mengesankan di seluruh dunia.

 

Honda CBR600F4i 2001

Aplikasi PGM-FI ditekankan dengan huruf ‘i’ pada seri CBR ini. Dengan starter digital baru, saluran udara dual-stage yang lebih besar dan exhaust yang didesain ulang. Perubahan ini meningkatkan 5 persen dalam maksimum tenaga mesin CBR.

Kerangka Pro Frame alumunium yang lebih kokoh, menjaga reflex model F4i lebih tajam dan memukau. Motor ini adalah model dengan berat sekitar 167 kg, merupakan yang paling ringan dan paling kuat pada kelas menengah yang pernah Honda buat. Miguel Duhamel mencatatkan reputasinya sebagai pengendara motor SuperSport 600 paling sering menang dalam sejarah. Memenangkan 3 ajang balap, mencapai 40, dan dia mengakhiri musim di posisi ketiga dalam hitungan poin.