Wednesday, January 20, 2021

Cek Warna Elektroda Busi, Kamu Akan Tau Kondisi Mesin Motor Mu

Penampakan ujung elektroda busi menjelaskan tentang seberapa buruk kondisi mesin motor kita, kebiasaan mengemudi kita, dan beberapa faktor yang mungkin akibat kerusakan komponen lain

Seiring perkembangan teknologi mesin sepeda motor, spark plug atau busi pun hadir dengan beragam jenis sesuai kebutuhan, diantaranya busi nickel, busi resistor, busi platinum, busi iridium dan busi racing.

Ragam busi tersebut punya fungsi yang sama, yaitu menyulut ledakan dari kompresi campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar.

Sama seperti komponen sepeda motor lainnya, kinerja busi juga dipengaruhi oleh usia pakai, kinerjanya akan berkurang seiring masa pakainya.

Di sisi lain, komponen ini juga bisa dijadikan indikator untuk mengetahui  kondisi pembakaran mesin melalui warna elektrodanya di bagian kepala busi.

“Penampakan ujung elektroda busi menjelaskan tentang seberapa buruk kondisi mesin kita, kebiasaan mengemudi kita, dan beberapa faktor yang mungkin akibat kerusakan komponen lain,” tutur Diko Oktaviano, Aftermarket Technical Support & Product Development PT NGK Busi Indonesia.

“Masalah-masalah tadi digambarkan kepada masalah busi secara umumnya yaitu, Overheating dan Carbon Foul,” lanjut pria yang akrab disapa Diko.

Warna Elektroda Busi dan Permasalahannya

Warna Elektroda Busi Abu-abu atau Merah Bata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Update