Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.
Sunday, November 29, 2020

Celaka 12 Sob.. Cedera Marquez Tak Kunjung Pulih, Kemungkinan Harus Jalani Transplantasi Tulang

Waduuuh Sob…!! Kalau kalian penggemar beratnya Mark Marquez, sepertinya kalian harus banyak berdoa dan bersabar buat melihat sang jagoan Repsol Honda tersebut bisa tampil di awal musim 2021. Gimana nggak, cedera yang dialami pada lengan kanan atas (humerus) tak kunjung membaik. Bahkan kabarnya, dia harus menjalani operasi ketiga untuk pemulihan 100%. Ouugghhhh, operasi ketigaa.. Ngiluuu gak tuhh..?

Yaaa mau gimana lagi, setelah menjalani operasi humerus kedua kondisinya tak kunjung memperlihatkan kemajuan yang signifikan. Bahkan diinformasikan bahwa dia dan manajernya mulai hilang kepercayaan pada dokter yang nanganin cedera tersebut. Jelas ini bukan pertanda baik, kaan..? Alih-alih pulih dari cedera pasca operasi pertama dan kedua, ehh malah harus jalani operasi lagi.

Ini adalah absen terlama Marc Marquez akibat cedera yang dialaminya. Udah lebih dari 3 bulan cederanya belum juga pulih. Makanya ia dan sang manajer Emilio Alzamora mulai hilang kepercayaan pada dokter di Hospital University Dexus Barcelona yang menangani cederanya saat ini. Gegara itu pula rumor bahwa Marquez akan menjalani operasi ketiga mencuat.

Cedera itu dimulai ketika Marquez mengalami crash di balapan MotoGP Spanyol pada 19 Juli 2020. Akibatnya, baby alien yang mungkin sekarang sudah nggak baby lagi, harus pasrah menderita patah tulang lengan kanan atas. Pada 21 Juli ia pun menjalani operasi yang langsung ditangani oleh Dr. Xavier Mir dan Dr. Barrera dengan memasangkan plat titanium yang diikatkan di tulang dengan 12 baut.

Operasi pun berjalan lancar. Merasa cederanya membaik, Marquez pun ngikutin hasratnya untuk kembali ke trek seminggu pasca crash, tepatnya di seri Andalusia (24-26/Juli). Setelah dinyatakan lolos uji kesehatan oleh tim medis FIM MotoGP, Marquez ikut simulasi balap di latihan bebas (FP) 3 dan 4 serta kualifikasi (Q) 1. Tapiii… baru sekitar 3 menit melumat trek Andalusia ia kembali paddock karena merasa tak nyaman akibat sakit yang dirasa di area bekas operasi. Selang beberapa waktu kemudian, tim HRC memastikan bahwa Marquez nggak akan ikut balapan. Sakit tersebut didiagnosis akibat peradangan di area bekas luka.

Ternyata penderitaan Marquez tak berhenti di situ, Sob… Pada 3 Agustus HRC melaporkan bahwa Marquez kembali mengalami patah tulang di lokasi yang sama. Parahnya nihh, hal itu terjadi bukan akibat crash saat balapan atau latihan, tapi saat lagi buka pintu rumah barunya di Cervera. Kebayang gak tuh betapa rapuhnya kondisi tulang Marquez saat itu..? Bisa dibilang, cederanya benar-benar nggak bisa dapat beban berlebih dari kerja otot. Huuufffff. Aseeliii berita ini bikin lemezz dengernya, Sob… Cuma buka pintu, lohhh… Gimana nahan getaran dan gforce saat di atas motor..?

Karena itu mau nggak mau dah opersi kedua kudu dilakoni lagi oleh Marquez. Naahhh… yang jadi permasalahan utamanya adalah usai opersai kedua. Fase callus atau proses pembentukan tulang rawan yang pada kahirnya akan menyatukan tulang yang patah dan menutup celah fraktur, tak mengalami kemajuan apa pun. Itulah kenapa ia gak bisa turun balapan meski sudah lebih dari dua bulan nggak turun balapan. Dan karena itu pula kepercayaan pada dokter yang menangani cedera Marquez mulai luntur.

Usai konsultasi sana-sini, ia pun mendapat rekomendasi dari para ahli di Pusat Diagnostik & Pelatihan Red Bull di Thalgau untuk menghubungi seorang spesialis di Austria. Dokter tersebut jelas dianggap bukan kaleng-kaleng. Selain berhasil memulihkan cedera bahu Miquel Oliveira pada 2019 lalu, dokter ini juga jadi dokter rujukan para atlet motocross salah satunya adalah Jeffrey Herlings. Dia adalah Dr. Karl Golser.

Denger kabar rencana opersi ketiga juga bikin ngiluu Sob.. Soalnya nih, kabarnya, bisa jadi Marquez harus menjalani transplantasi tulang dengan mengambil sel induk dari tubuhnya sendiri supaya pembentukan callus berjalan dengan sempurna hingga cederanya pulih. Itu kalau Marquez benar-benar mengalami masalah callus dalam proses pemulihannya. Mau gak mau dahh kudu jalanin operasi ketiga.

Dan kalau operasi tersebut benar-benar dilakukan, Marquez harus istirahat total dan melakukan pemulihan secara perlahan selama 4 bulan.. Itu artinya, dia bakal absen di sesi test resmi MotoGP 2021 yang dijadwalkan pada bulan Februari 2021. Terus apakah dia bisa ikut balapan seri perdana musim depan yang dijadwalkan akan dimulai pada 28 Maret 2021 di Loasil, Qatar..? Masih tanda tanya besarr Sob….

Kita doain aja semoga proses penyembuhan dan pemulihan cederanya berjalan lebih cepat dari yang diperkirakan. Biar ada tontoan seru lagi dari sang Babang Alien. Bukan Baby lagi, udah gede baby aliennya. Hehehe…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Update

Kymco CV3 Resmi Diluncurkan, Siap Diajak Touring Nih!

Pabrikan motor asal Taiwan, Kymco, meluncurkan beberapa model terbarunya. Salah satunya adalah Kymco CV3. Kita umumnya telah mengenal beberapa skuter matik yang menggunakan roda yang...

Abang Ojol Ini Pakai Handphone Merk Oukitel? Apa Bagusnya?

Enggak salah deh si abang Ojek Online ini, dia pakai smartphone merk Oukitel. Sobat Zonbie ada yang kenal dengan handphone merk Oukitel? Bagi pengemudi ojek...

IMI Resmi Luncurkan Buku dan Video Panduan Berkendara Sepeda Motor Berkelompok

Ikatan Motor Indonesia (IMI) secara resmi telah meluncurkan buku dan video Panduan Berkendara Sepeda Motor Secara Berkelompok. Peluncuran secara resmi turut dilakukan oleh Ketua MPR...

Pertamina Mandalika SAG Team Siap Berlaga di Moto2 Musim Depan

Mandalika Racing Team Indonesia melalui akun sosial media Instagram nya memberikan kabar gembira. Dikabarkan MRTI akan bergabung dengan SAG Racing Team dan akan merubah...

Fungsi Pendingin Cairan Mesin Motor dan Waktu Penggantian

Pendingin cairan umumnya diaplikasikan pada motor dengan mesin berperforma tinggi. Selain itu, cairan pendingin atau warter coolant biasanya diaplikasikan pada motor berkompresi tinggi. Mesin berkompresi...