Cezeta E-Scooter, Skuter Elektrik Pesaing BMW C Evolution

Cazeta skuter yang dijuluki dengan sebutan “The Pig” pada tahun 1960-an, kini dibangkitkan kembali menjadi sebuah e-skuter. Kurang dari setahun setelah V-E Day, seorang pembuat pesawat tempur Italia bernama Piaggio memperkenalkan sebuah motor bermesin jet dijamannya, yang kemudian motor tersebut berhasil memenangkan penghargaan karena desain ciamik dengan mesin yang kencang. Motor dengan nama Vespa atau Wasp ini sempat jadi hit di Eropa sebelum Roman Holiday dan dijadikan ikon Hollywood. 

Sepuluh tahun kemudian, sebuah perusahaan motor di sebuah negara komunis, Czechoslovakia bangkit dan tidak mau kalah ikut membangun skuter yang fenomenal, skuter tersebut tidak lain adalah Cezeta. Maksud dari pembangunan kendaraan tersebut ingin membuat Vespa seperti yang dibangun oleh orang Italia. Namun karena profil desain yang rendah dan bagian depannya seperti moncong Babi, maka skuter Cezeta dijuluki dengan “The Pig”.

Cezeta diproduksi dari tahun 1957 hingga 1964, karena pusat negara komunis tersebut terlalu sembrono dalam membangun skuternya, maka, hanya beberapa ratus unit saja yang layak dikendarai di jalan raya. Neil Eamonn Smith selaku founder dari group perusahaan ini menganggap sangat menarik untuk membangkitkan kendaraan tersebut ketika dia melihat salah satu contoh Cezeta yang masih tersisa. Namun kali ini dia ingin membangkitkan skuter tersebut menjadi e-scooter dengan perkiraan biaya sekitar 10.000 poundsterling atau sekitar $11.600 dollar.

Tuan Smith adalah seorang berkebangsaan Inggris yang telah tinggal di Prague, Czechoslovakia selama 20 tahun-nan. Dia berupaya untuk memperbaiki Cezeta pertama yang membutuhkan banyak spare part. Karena sulitnya mendapatkan spare part tersebut, maka dia memiliki ide untuk membangunnya dengan mesin electrik. Langsung saja dia membuat sebuah prototype, dia berupaya untuk membuat sebuah perubahan dari pabrikan aslinya yang mengalami kebangkrutan setelah tahun 198. Perusahaan tersebut akhirnya dibeli bersama semua asset yang ada namun tidak membeli hak paten atas desain dan nama Cezeta.

Smith mendaftarkan nama brand barunya sendiri, tahun lalu dia membuka pabrik di luar kota Prague, dimana Smith bisa membuat 10 unit motor setiap bulannya yang ditargetkan di bulan Januari 2019 nanti akan mampu menyelesaikan sekitar 25 unit. Dia telah teken kontrak sekitar 50 unit skuter listrik ini dan sudah 24 buah yang sudah dikirim ke customernya. Tahun depan Smith akan mulai memproduksi secara massal dan dipasarkan di Amerika mulai dari California, Florida dan Texas.

Source: Cezeta Motor Archive

Cezeta dikelompokkan dalam kategori skuter “Jelek tapi Cantik” , ukuran panjang 2 meter, wheelbase lebih panjang dari skuter pada umumnya sehingga lebih stabil. Desain aslinyapun juga ada benjolan diantara kaki sipengendara, sehingga smith bisa merencanakan batery diletakkan disitu. E-skuter ini bakal menjadi pesaing BMW C Evolution yang harganya $2.000 hingga $3.000, dijelaskan bahwa harga e-skuter ini bakal dijual senilai $11.600.

Menurut Smith sendiri skuter ini memiliki kelas tersendiri, asli buatan Czechoslovakia dan sangat langka karena memiliki sejarah yang menarik. Kita lihat saja nanti bagaimana reaksinya Vespa setelah melihat Ceseza elektrik yang akan dirilis pada bulan Oktober mendatang. 

Spesifikasi 

Mesin listrik : 11kW/15hp

top speed : 75mph

Jarak tempuh : 100 mil

harga $11.600

Comments
Shares