Mengenal Lebih Dekat Chicara Nagata, Disainer Motor Custom Analog Asal Jepang

Dalam dunia custom culture, nama Chicara Nagata adalah salah satu builder sekaligus seniman yang setara dengan Da Vinci. Chicara Nagata tinggal di Profensi Saga, Jepang bagian selatan pulau Kyusu.

Chicara adalah seorang desain grafis berpengalaman selama lebih dari 30 tahun dan mengerjakan berdasarkan pesanan, sehingga membuatnya menjadi disainer ternama di Jepang.

Passion yang dimiliki dalam membangun sebuah motor custom, membutuhkan waktu kurang lebih 5.000 hingga 7.000 jam setiap karyanya. Makin menarik, semua model yang dibuatnya tidak menggunakan program grafis komputer. Melainkan tangannyalah yang menerjemahkan apa yang ada dibenaknya.

Motor-motor custom yang diciptakannya hampir semuanya unik, tentu saja dalam proses pengerjaannya banyak ditemukan masalah, namun semuanya bisa diatasi karena kesabaran dan ketekunannya.

Hampir semua desain konstruksi motor baik frame, suspensi dan jok dikerjakannya sendiri. Chicara bahkan tidak membutuhkan karyawan dan peralatan mesin yang canggih, semua proses pemotongan plat metal, pengelasan menggunakan peralatan sederhana yang terdapat di bengkelnya.

Kebanyakan mesin motor yang digarapnya adalah mesin motor vintage tertentu dan yang membuatnya tertarik untuk menggarapnya, seakan-akan dia tidak memperbaiki mesin namun seperti menciptakan mesin baru dan unik dengan desain yang dibuatnya.

Salah satu karyanya memenangkan dan membawa pulang piala kebanggaan AMD World Championship of Custom bike pada tahun 2006, Chicara merasa senang dan bangga karena apa yang telah diupayakan bisa terbayarkan dan akan berusaha lebih baik lagi, juara tersebut dianggap sebagai bonus baginya.

Comments
1 2
Shares