Coba Ban Aspira Premio dan Pirelli Angle Scooter di Yamaha Nmax, Ini Yang Dirasakan

Untuk kali ketiga Journalist Max Community (JMC) laksanakan agenda touring tahunannya. Memanfaatkan libur panjang pada 1-3 Desember 2017 kemarin, 19 awak media penunggang Yamaha Nmax bergerak dari Jakarta menuju The Lodge Maribaya, Bandung, Jawa Barat.

Touring bertajuk #TouringLagi ini tak sekedar mengisi waktu libur, sebagai jurnalis mereka tetap menggali informasi penting untuk disuguhkan kepada pembaca setia media masing-masing.

Mengingat jalur yang diambil cukup mewakili karakter jalan raya di Indonesia, JMC #TouringLagi sekaligus mereview komponen terpenting dalam sebuah sepedamotor. Kali ini para anggota JMC melakukan review komponen after market yang didistribusikan oleh Astra Otopart dimana Astra Otopart sendiri ambil bagian sebagai pendukung jalannya touring tersebut. Para bikers JMC berkesempatan mencoba ukuran ban baru khusus Nmax yaitu Pirelli Angle Scooter serta Aspira Premio Spotivo ukuran 120/70-13 dan 140/70-13 .

“Kontur jalan menuju Bandung, Jawa Barat bisa dibilang cukup menantang, seperti ada jalan berpasir, aspal halus, aspal kasar, beton hingga panas terik matahari. Perjalanan ini menunjukkan kualitas ban Aspira Premio dan Pirelli Angel Scooter sekaligus membuktikan keawetan serta grip ban,” terang Ifan Martin selaku Head Tire & Tube Departement Domestic Marketing Division – Astra Otopart.

Kompon ban Aspira Premio dan Pirelli Angel Scooter sudah disesuaikan untuk kebutuhan Yamaha Nmax dengan bobot 127 kg dan kondisi jalan di Indonesia. Tujuan akhirnya tentu berujung pada komposisi daya cengkeram ban di segala kondisi jalan dan cuaca, serta usia pakai.

Dhany Ekasaputra wartawan sekaligus pendiri Otomekanik.id yang menggunakan ban Aspira Premio Sportivo mengakui kalau ban tersebut mampu memberi kenyamanan dan keyakinan saat melumat beragam kondisi jalan raya. Untuk diketahui, JMC #TouringLagi menempuh jalur Jakarta-Bekasi-Karawang-Subang-Lembang, Maribaya.

Dhany memaparkan kalau ban Aspira Premio yang disematkan di NMax miliknya mampu memberi keyakinan saat melumat beragam kondisi jalan meski di awal ia harus sedikit beradaptasi dan sedikit mengubah gaya berkendara. Pasalnya, dengan ukuran ban lebih besar dari standarnya membuat motor sedikit lebih tinggi. Selain itu, kontruksi V pada ban depan Aspira Premio Sportivo membuat pengendara perlu sedikit adaptasi dalam riding style.

Kontruksi ban tersebut membuat tarikan motor terasa lebih ringan lantaran bidang kontak ke permukaan jalan jadi lebih sedikit saat motor berjalan lurus, selain itu kemudi cenderung kembali lurus setelah motor berbelok. “Yahh mirip-mirip pakai power steering di mobil,” jelas Dhany.

“Kontuksi ini pula yang membuat motor seakan lebih mudah diajak miring. Dengan kata lain, jadi lebih ‘pede’ untuk menambah kecepatan di tikungan,” lanjutnya.

Berbeda dengan ban depan, kontruksi ban belakang tetap dibuat membulat lantaran perannya sebagai penggerak. Dengan kontuksi ini, bidang kontak ban ke jalan tetap dipertahankan di beragam sudut kemiringan.

Sementara itu, Arie Prasetya Krisna wartawan otospirit.com dan mobil123.com yang menggunakan ban Pirelli Angle Scooter di motornya mengakui kalau daya cengkeram ban yang ia gunakan sangat optimal, bahkan melakukan pengereman keras saat motor melaju di tikungan atau dalam kondisi miring di jalan menikung. “Perasaan nih motor jadi mudah dikendalikan, grip cihuyy jadi lebih ‘pede‘ masuk tikungan,” terang Arie.

Baik Aspira Premio atau Pirelli Angle Scooter mengaplikasi alur pattern terbalik pada ban depan. Tujuannya untuk mempercepat pembuangan air ke sisi ban saat melaju di jalan basah sehingga traksi tetap optimal saat melewati genangan. Lagi-lagi, Dhany pun mengakui keunggulan ban tersebut saat ia melaju di bawah hujan lebat.

“Kebetulan gw bergerak ke Bandung sehari sebelumnya karena ada urusan yang harus gw selesaikan di sana. Pas gw jalan, sepanjang jalan dari Bekasi sampai Bandung diguyur hujan kadang lebat kadang hanya gerimis aja. Nyatanya, grip ban tetep oke baik di trek lurus maupun tikungan,” tegas Dhany.

Zonabikers.com yang menggunakan ban Aspira Premio pun merasakan hal yang sama, harus sedikit mengubah gaya berkendara. Pun demikian, kontruksi dan komposisi kompon yang diaplikasi di Aspira Premio mampu memberi kenyaman dan keyakinan saat melaju di jalan lurus dan menikung.

Bicara harga, Aspira Premio Sportivo dijual Rp 340 ribu (depan) dan Rp 440 (belakang). Sedangkan Pirelli Angle Scooter yang merupakan ukuran baru ini dijual dengan harga Rp 550 ribu (depan) dan Rp 650 ribu (belakang).

Cocok harganya, kan..?

Comments
Shares