ConTekt

ConTekt, Helm Canggih Yang Bisa Telepon Nomor Darurat Sendiri

Kehilangan seorang teman dekat akibat kecelakaan, menyebabkan Ty Uehara ingin menciptakan sebuah helm canggih yang bisa secara otomatis menghubungi nomor darurat sendiri. Helm ini nantinya akan dinamakan ConTekt.

Ty Uehara merupakan seorang mahasiswa jurusan ilmu komputer, ia pernah kehilangan seorang teman dekatnya karena terlibat kecelakaan. Saat terlibat kecelakaan temannya dalam kondisi sedang riding seorang diri, sehingga saat kecelakaan tidak ada yang membantunya hingga akhirnya dia meninggal di lokasi.

Baca juga : 6 Helm Pintar Dengan Berbagai Fitur Canggihnya

Atas dasar hal tersebut, Ty Uehara ingin menciptakan sebuah helm yang bisa secara otomatis menghubungi 911 (nomor gawat darurat) ketika penggunanya mengalami kecelakaan. Ty Uehara akan menyematkan sensor pada helm yang akan bekerja pada saat helm mengalami benturan (kerusakan). Sensor selanjutnya akan memerintahkan bluetooth untuk berkoneksi dengan smartphone penggunanya dan secara otomatis menghubungi 911.

ConTekt

Untuk ide konsep helm ConTekt tersebut, Ty Uehara pun diganjar hadiah sebesar $ 2.000 dari Hawai’i University. Seperti dikutip dari Rideapart, Ty Uehara akan menggunakan uang hadiah tersebut untuk mendapatkan paten pada hasil karyanya itu nanti.

Baca juga : Helm Pintar Forcite MK1 Segera Diluncurkan

Diberitakan juga, Ty Uehara akan menggunakan sebagian hadiah tersebut untuk mengembangkan protipe helm canggih ciptaannya tersebut. Direncanakan helm tersebut akan dipasarkan dengan harga $ 700 atau sekitar Rp 9,8 jutaan untuk mata uang Indonesia.

Comments
Shares