Tuesday, January 26, 2021

Curahan Hati Petani Kopi Gunung Pakuan, Kurang Populer Bahkan di Kampung Sendiri

Curahan hati petani kopi di Gunung Pakuan, disampaikan kepada tim Ride and Camp ZonaBikers. 33 tahun bertani, kopi yang mereka hasilkan malah kurang populer di kampung sendiri.

Curahan Hati Petani Kopi

Dalam perjalanan Ride and Camp zonabikers.com yang didukung oleh PT Pertamina Lubricants dan PT Wahana Makmur Sejati, tim mencoba meyakinkan petani kopi untuk bangkit dan mulai populerkan kopi asli Gunung Pakuan kepada masyarakat.

Ladang kopi gunung Pakuan terletak di desa Sirnajaya, Sukamakmur, Bogor Timur, Jawa Barat. Lokasi ini menjadi salah satu daerah penghasil kopi di tanah Pasundan.

Meski demikian, tak banyak orang yang mengenal kopi gunung Pakuan. Hal ini disebabkan kurangnya perhatian dan kepedulian baik dari petani, masyarakat dan juga pemerintahan di daerah tersebut.

Baca juga : Ride and Camp Zonabikers Kobarkan Semangat Petani Kopi Gunung Pakuan

Salah satu petani kopi Pakuan, Pak Enji, bercerita. Ia sudah 33 tahun mengelola ladang kopi yang berada di gunung pakuan. Ia mengutarakan kegelisahannya tentang kopi yang dihasilkan dari ladangnya dan juga ladang petani lainnya kurang dikenal, bahkan di kampungnya sendiri.

Di kampung tersebut, malah populer kopi kemasan yang bukan berasal dari ladang kopi yang ada di kampung tersebut. Sejatinya, di desa Sirnajaya sudah dijadikan desa wisata. Terdapat beberapa destinasi wisata yang belum lama dibuka, ada wisata alam Situ Rawa Gede dan beberapa spot air terjun (curug). Bahkan pemerintah juga mencanangkan, budi daya kopi Pakuan sebagai Agro Wisata Kopi Rawa Gede.

1 COMMENT

Comments are closed.

Latest Update