DAAL Kembangkan Peredam Kebisingan Suara Dalam Helm

Menurut insinyur asal Norwegia, Dag Loe dan Sigmund Birkeland dari DAAL, suara bising dari angin di dalam helm saat berkendara motor dengan kencang, biasanya melebihi 110 desibel. Ini artinya kebisingan tersebut sama saat kita mendengar suara gergaji mesin dari jarak 1 meter.

Frekuensi tersebut diyakini bisa merusak indera pendengaran jika berlangsung lama dan terus menerus. Untuk itulah tim DAAL mengembangkan sistem wind noise cancelation yang bisa mereduksi bunyi yang disebabkan oleh angin di dalam helm.

Sama seperti active noise control system lainnya. Alat ini dilengkapi pula dengan sebuah mikropon yang bisa mendeteksi masalah kebisingan dalam hal ini fokus pada suara angin.

Nantinya, angin yang masuk dalam sebuah unit prossesing langsung merespon dengan mengurangi suara bising dengan metode “Counter Noise” pada amplitudo yang sama tetapi sudah dibalik fasenya. Sehingga speaker menghasilkan suara yang 15 desibel lebih kecil dari suara aslinya.

Meski mereduksi suara angin, tapi klakson, suara mobil atau suara sirine ambulan masih bisa terdengar. Prototipe yang sekarang diperkenalkan di EICMA 2018 di Milan ini bekerja hingga kecepatan 140 km/jam.

 

Comments
Shares