Deretan Pantai di Bangka Selatan nan Eksotis, Ada Apa Saja?

Bagi Sobat Sonbie yang juga suka atau hobi fotografi dan spot wisata dengan bentang alam nan indah bisa sambangi Toboali, Bangka Selatan. Kota kecamatan ini bisa jadi alternatif objek wisata  lain yang tidak kalah menariknya di kepulauan Bangka, selain Belitung yang sudah terkenal.

Kabupaten Bangka Selatan memang sedang bersemangat membangun sektor pariwisata. Toboali sebagai ibu kota kecamatan menjadi episentrum kegiatan Toboali City On Fire (TCOF ) 2 yang kini  telah disahkan menjadi kalender  Event Pariwasata Nasional oleh Kementerian Pariwisata.

Loading...


Tema keragaman itu turun  dalam 16 kegiatan yang digelar dalam tiga hari penyelenggaraan. Mulai dari BikePacker, Fashion Carnival, Photo Competition, Mural, Festival Tari, Festival Barongsai, sampai ritual adat Buang Jung di Pulau Lepar.

Nah objek wisata apa saja yang bisa kunjungi di Bangka Selatan selain acara Toboali City on Fire ? Berikut tempat-tempat wisata yang ada di Bangka Selatan.

Loading...


Pecinan Toboali

Pecinan yang dihuni sekitar 20-an KK masih meninggalkan bentuk rumah masa lalu.  Letaknya nyaris terkepung tembok rumah-rumah bertingkat tiga-empat lantai yang sebagian besar digunakan untuk “rumah” burung walet.

Loading...


Pantai Batu Belimbing

Lokasi pantai Batu Belimbing ini hanya 5 menit naik motor atau mobil dari lokasi Pecinan. Keunikan dari pantai Batu Belimbing ini terdapat batu granit besar berbentuk Belimbing. Tidak jarang para fotografer memilih memotret di malam hari sambil berburu ‘milkyway’ atau deretan bintang galaksi bima sakti.

Loading...


Di sore hari untuk mendapatkan gambar sunset yang  menawan dengan hiasan barisan awan berarak. Disekitar lokasi ini yang dilanda lapar tidak akan sulit untuk mendapatkan berbagai macam kuliner tradisi Bangka Selatan antara lain mie kucai (mie khas Toboali) dan juga kue tabok atau martabak manis.

Pantai Nek Aji Benteng 

Loading...


Pantai Bhayangkara atau lebih dikenal dengan  Laut Nek Aji pantainya landai dan pasirnya berwarna putih sehingga para wisatawan bisa dengan leluasa berlari-larian sepanjang pantai . Tempat ini memang cocok dijadikan ajang festival layang-layang.  tidak jauh dari pantai sekitar 300 meter di sebelahnya wisatawan bisa berfoto di reruntuhan Benteng Toboali.

Pantai  Tanjung Kerasak

Loading...


Pantai dengan hamparan pasir putih dan bentangan tumpukan batu batu yang tersusun secara alami ini cocok untuk lokasi pemotretan dan dimalam hari juga bisa dijadikan lokasi untuk berburu milkyway. Pantai tanjung Kerasak terletak di desa Pasir Putih berjarak sekitar 30 km dari Toboali.

Oobjek wisata Pantai Tanjung Kerasak ini juga menjadi idola banyak wisatawan dan juga para komunitas motor, karena pesona hamparan pasir putihnya, airnya jernih kebiruan, ombak tidak terlalu besar, namun diwaktu musim angin barat ombaknya besar dan bergulung-gulung.

Loading...


Awalnya pantai ini kotor dan tidak terawat banyak dedauan yang berserakan sepanjang pasir pantai hingga setinggi lutut, masyarakat setempat menyebutnya Kerasak, dan inilah yang menjadi latar belakang dari nama pantai Tanjung Kerasak ini.

Pulau Salma, Pongok Bangka Selatan

Loading...


Pulau Salma merupakan bagian dari kecamatan Pulau Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, berjarak sekitar 30 menit dari pelabuhan Pongok dan 3 hingga 4 jam bila berangkat dari pelabuhan Sadai dengan menggunakan kapal motor. Konon kabarnya pulau ini hamparan pasirnya selalu berubah-ubah menurut kemana mata arah angin berhembus.

Dari atas perahu air tampak jernih dan bening bahkan bisa melihat terumbu karang dan aneka jenis biota laut lainnya bisa kita lihat dari atas perahu. Saat musim penyu berkembang biak pulau ini banyak dikunjungi penyu untuk menetaskan telurnya.

Loading...


Pulau Salma ini cocol sekali untuk melakukan wisata bawah laut baik snorkeling maupun diving. karena Keindahan dan keaslian ekosistem terumbu karang dipulau ini merupakan aste masa depan yang harus dijaga dan dilestarikan.