Deteksi Penyakit Lewat Pemeriksaan Darah

Untuk mengetahui lebih dini kondisi kesehatan secara keseluruhan, termasuk mendeteksi kemungkinan adanya penyakit perlu dilakukan pemeriksaan darah di laboratorium.

Dengan pengecekan darah secara keseluruhan, Sobat Zonbie akan mengetahui penyakit apa yang sedang menyerang pada tubuh. Terutama beberapa penyakit yang erat kaitannya dengan darah, seperti kekurangan darah (anemia), kanker darah (leukemia), infeksi, masalah pembekuan darah dan penyakit gangguan imunitas.

Selain mendeteksi penyakit, pemeriksaan darah lengkap juga bisa dilakukan untuk memantau kondisi kesehatan ketika Sobatt Zonbie sedang dalam pengobatan berupa terapi radiasi atau obat-obatan yang dapat mempengaruhi kondisi darah.

Foto: Darah Pedia

Pemeriksaan darah ini juga termasuk sebagai bagian dari medical check up, yang dilakukan sesuai dengan keperluan Anda atas anjuran dokter pemeriksa. Pemeriksaan darah lengkap biasanya meliputi pemeriksaan Hemoglobin (Hb), Hematrokrit (Ht), Trombosit, Sel darah merah, Sel darah putih dan Gula darah.

Sebenarnya masih ada lagi rangkaian pemeriksaan darah lengkap lainnya. Namun, jenis-jenis pemeriksaan yang disebutkan di atas, sudah bisa mencerminkan kondisi kesehatan Sobat Zonbie. Selain itu, Sobat Zonbie bisa juga memilih beberapa jenis tes darah yang diperlukan saja berdasarkan konsultasi dan rekomendasi dari dokter.

Sumber: AloDokter

Comments
Shares