Deteksi Sendiri Kebocoran Sokbreker, Ini Caranya

Memiliki fungsi vital sebagai penunjang kestabilan, handling dan kenyamanan di motor, peranti sokbreker wajib diperhatikan. Kondisi yang sudah rusak, seperti bocor karena pemakaian dan usia pakai membuat komponen tersebut wajib diganti.

Nggak perlu langkah ribet Sobat Zonbie, karena untuk memeriksa sokbreker ternyata bisa dilakukan sendiri. Bagaimana caranya?

Langkah pertama coba cek apakah terdapat rembesan oli yang adalah tanda adanya kebocoran, jika ada maka dalam jangka waktu tertentu harus segera diganti.

Jangan lupa untuk mengetesnya, namun sebaiknya dilakukan dengan berboncengan. Ketika melintasi jalan yang banyak polisi tidur akan terasa, apakah sok banyak goyang dan berayun atau tidak.

Jika ayunnya banyak, sudah bisa dipastikan bahwa shockbreaker sudah rusak karena hanya per saja yang bekerja sementara komponen peredam lain sudah tidak berfungsi dengan baik.

Jika memang ditemukan kondisi shockbreaker sudah tidak berfungsi dengan baik, segeralah ganti spare part tersebut. Salah satunya KYB Zeto dari Astra Otoparts.

Yang menarik, KYB Zeto yang tengah didiskon di Astraotoshop.com. Misalnya sokbreker untuk Yamaha Mio (All Varian), Yamaha Xeon, Yamaha Fino, Honda Vario, Honda Beat, Honda Scoopy, Honda Spacy yang semula dibanderol Rp 342.000 kini jadi Rp 256.500 saja. Asyik kan Sob? (ADV)

Comments
Shares