Wednesday, April 14, 2021

Dilarang Menggunakan Earphone Saat Berkendara, Ini Potensi Yang Akan Terjadi

Penggunaan earphone dapat menyebabkan pengendara tidak waspada akan adanya suara-suara darurat di jalan raya, seperti klakson, sirine ambulance, sirine polisi, atau bunyi sirine palang perlintasan kereta api.

Ada beberapa faktor yang bisa jadi penyebab kecelakaan di jalan raya saat berkendara sepeda motor, diantaranya faktor manusia, kendaraan, dan lingkungan. Faktor manusia menjadi salah satu penyebab terbesar.

Seperti halnya penggunaan earphone yang terkoneksi ke perangkat mobile saat berkendara sepeda motor. Baik untuk sekedar mendengarkan musik atau menerima sambungan telpon.

Baca Juga :

Mesin Overheat Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Motor Pakai Smart Key System ? Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Waspadai Turun Mesin dan Ketahui Penyebabnya, No 2 Paling Sering Terjadi

Karena menggunakan earphone dapat menyebabkan pengendara tidak waspada akan adanya suara-suara darurat di jalan raya, seperti klakson, sirine ambulance, sirine polisi, atau bunyi sirine palang perlintasan kereta api.

“Suara atau peringatan tersebut tidak boleh kita abaikan, karena merupakan beberapa peringatan yang bertujuan untuk mengetahui dan mengkondisikan jalan raya agar lebih aman dalam keadaan darurat,” buka Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Earphone Bisa Ganggu Konsentrasi

Tidak hanya itu, mendengarkan musik dengan volume suara yang keras ketika berkendara dapat mengganggu fokus seorang pengendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Update