Ducati GP19 MotoGP 2019, Manfaatkan Teknologi CFD Dari F1

Ducati jadi tim pertama yang mengumumkan line up dan motor mereka untuk MotoGP 2019. Dari penampilan motornya, bisa Sobat Zonbie tengok perubahan signifikan antara versi 2018 dan 2019. Terutama dari desain fairing dan livery-nya.

Soal livery sudah Zonbie bahas sebelumnya. Nah, sekarang beralih ke detail eksterior, alias bagian luar tunggangan dari Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.

Baca Juga: Livery Baru Motor Ducati MotoGP 2019, Bikin Pangling Sob!

Loading...


Dilansir Crash.net, motor berjuluk Ducati Desmosedici GP19 ini mengandalkan teknologi CFD lho Sobat Zonbie. Eits, ini bukan Car Free Day yang ada di jalanan, tapi Computational Fluid Dynamics lho.

Teknologi ini berupa simulasi komputer yang sebelumnya diandalkan tim-tim Formula 1. Tujuannya jelas, untuk mengembangkan bodi yang lebih aerodinamis untuk menyiasati regulasi MotoGP 2019.

Loading...


Di regulasi tersebut, sepanjang musim balap, tim-tim hanya diperbolehkan memakai satu desain fairing sepanjang musim. Jadi nggak akan ada lagi perubahan fairing, seperti pengurangan, atau penambahan winglet di tiap seri seperti 2018.

Aerodynamic Development Manager Ducati, Edoardo Lenoci menjelaskan jika teknologi CFD akan melengkapi Wind Tunnel sebagai bagian pengembangan yang dilakukan untuk aerodinamika motor.

“Dengan menggunakan CFD, ada beberapa keuntungan, misalnya mengetahui tekanan distribusi motor, atau seberapa efektif motor membelah angin secara simulasi. Ini membantu para insinyur untuk memahami dengan pengetahuan mendalam apa yang terjadi pada motor tersebut,” urainya.

Loading...


Selain itu, dengan CFD, fairing motor tak perlu langsung dirombak dengan nyata. Seperti memasang winglet tambahan, atau membuat fairing baru. Sehingga memangkas waktu dan biaya.

Tapi bukan berarti CFD mudah dipakai lho Sob. Butuh ilmu matematika dan pengetahuan aerodinamika tinggi agar hasilnya akurat dengan kondisi sebenarnya di trek balap.

Menariknya, Ducati Corse General Manager, Gigi Dall’Igna malah mengatakan jika fairing yang ada dipeluncuran kali ini belum tentu sama dengan versi yang dipakai balapan nanti.

Loading...


Karena fairing GP19 yang sebenarnya akan dipakai terlebih dulu di sesi tes pra musim terakhir. “Di Qatar, sebelum balapan pembuka musim ini, kami akan menguji fairing baru, seperti biasa,” kata Dall’Igna.

Comments are closed.