Ducati Panigale R 1299 Final Edition, Si Beauty and Beast

Ducati baru-baru ini meluncurkan sebuah motor edisi terbatas baru, motor yang dibuat berdasarkan kekaguman terhadap mesin motor yang membuat sejarah di Kejuaraan Dunia Superbike ini disebut Edisi Panigale R 1299. Motor kekar ini, terlihat menakjubkan dalam warna tricolor-nya.

Sepeda motor baru ini secara khusus diresmikan pada akhir pekan ini, tepatnya pada putaran kedelapan Kejuaraan Dunia Superbike di Laguna Seca. Pada peresmian peluncurannya, Claudio Domenicali menarik bungkus mesin itu bersama pebalap Aruba.it Chaz Davies dan Marco Melandri.

“Saya sangat bangga mempersembahkan versi terbaru dari Panigale kami” kata Claudio Domenicali saat presentasi. “Mungkin tidak ada produsen motor lain yang telah mengikat namanya begitu erat ke mesin seperti Ducati. Hari ini, kita di sini untuk merayakan sejarahnya, sama seperti kita berdiri di puncak era baru di mana Sistem desmodromic akan digunakan pada mesin V4 generasi baru yang berasal dari pengalaman luas di MotoGP, sebuah kejuaraan dimana mesin kami menunjukkan kinerja yang luar biasa.”ujarnya kembali.

Edisi Final Panigale R 1299 didukung oleh mesin dengan 209 daya kuda yang bisa mencapai daya maksimum pada 11.000 rpm dan torsi 142 Nm pada 9.000 rpm. Muncul dengan poros engkol yang lebih ringan dan pin engkol yang lebih besar serta bantalan balancing tungsten, sedangkan batang dan katupnya terbuat dari titanium.

Sepeda motor ini sudah sesuai dengan Euro4 dengan menggunakan knalpot titanium Akrapovic dengan peredam silencer tinggi seperti Panigale R yang bersaing di kejuaraan Dunia Superbike.

Struktur monocoque ultra kompaknya digabungkan dengan airbox, hal ini menjadikan motor ini hanya memiliki berat kosong 179 kg. Pengaturan chassis sama seperti pada Panigale R, terdiri dari suspensi mekanis Ohlins dan rake 24 derajat.

Motor fantastis ini makin lengkap dengan paket elektronik yang kompleks dan dilengkapi dengan Unit Pengukuran Inertial Bosch, ABS, Ducati Wheelie Control EVO, Kontrol DucatiTraction EVO, dan Engine Brake Control.

Setiap 1299 Panigale R Final Edition akan memakai plakat nomor individu untuk memastikan keunikannya.

Comments