ECU Aracer Buat Dongkrak Performa Motor Matic dan Sport

ECU Aracer RC Mini 5

ZONABIKERS.COM – Salah satu komponen paling dicari oleh bikers yang tak puas dengan performa motornya adalah Engine Control Unit (ECU). Aracer adalah salah satu ECU yang banyak dicari lantaran banyak digunakan oleh tim balap.

Dijelaskan Fredy Gautama, owner sekaligus pemilik tim Ultra Speed beberapa waktu lalu, produk asal Taiwan ini bekerja standalone.

Baca Juga : Suzuki Luncurkan Satria F150 Terbaru, Harganya Sama

Ada empat tipe ECU Aracer yang diyawarkan Ultra Speed, RC Mini Plus, RC Mini serta RC1 dan RC2.

Loading...


“Buat nyeting atau maping ECU Aracer ini nggak ribet. Selain itu, kinerjanya sangat stabil, nggak akan menurun,” ujar Fredy.

Keempat tipe ini juga berbeda fungsi dan jenis motor untuk pengaplikasianya. Untuk RC Mini Plus bisa diaplikasikan di semua motor, tapi hanya untuk single cylinder. Cara setting ECU nya nggak ribet, hanya menggunakan sebuah alat yang dinamakan Map Swicth.

Begitu juga dengan tipe RC Mini, settingnya pun nggak ribet. Sama seperti RC Mini Plus, penyetingan tipe ini pun menggunakan suatu alat yang mirip remot, namanya Mini Tune.

Loading...


RC Mini dan RC Mini Plus bisa juga diaplikasikan di motor matik. Dengan syarat harus ada modifikasi pada motor tersebut, minimal ganti knalpot racing.

Yang terakhir adalah ECU Aracer yang sudah tenar di dunia balap Tanah Air, yaitu RC1 dan RC2. Untuk RC1, tipe ini bisa aplikasikan di semua jenis motor. Sedangkan untuk RC2 masih tersedia hanya buat Ninja 250 dan YZF-R25. Penyetingannya tipe ini menggunakan software yang terinstal di laptop.

“Dari ketiga tipe ECU Aracer yang paling laku dan diminati oleh banyak konsumen yaitu tipe Mini dan Mini Plus, selain pengaplikasiannya bisa di banyak motor harga juga jadi faktor, soalnya termasuk terjangkau dari yang lainnya,” jelas Fredy.

Loading...


Baca Juga : Nikon Z 9 Akan Update Frameware Ver. 1.10, Buat Motret Balapan Makin Ciamik

Baca Juga : Drone DJI Mavic 3 Meluncur, Dokumentasi Touring Makin Ciamik Harganya Bisa Dapat 2 Nmax

Baca Juga : DJI Action 2 Kamera Aksi Buat Bikers Yang Hobi Touring dan Bikin Konten Sosmed

Loading...


Dengan komponen itu sobat Zonabikers bisa mengubah fuel base map, tergantung kebutuhan mau main kering atau basah. Fuel adjustable mengatur bahan bakar per 400 rpm. Fuel accelaration, bisa seting kebutuhan saat berakselarasi. Spark angle, seting maju-mundur pengapian. Rpm of Idle, seting idle di rpm langsam. RPM limiter, bisa juga open limiter.

Wide band 02 CL, setingan tolerasi 02 saat kondisi close loop. Dec fuel cut, keadaan deselarasi semprotan fuel bisa diseting. TPS learn, memantau bukaan TPS dan setingnya. Cooling fan, seting kapan kipas radiator menyala. MAP set, dilengkapi 4 map bawaan dan 4 map untuk custom.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here