ECU Magneti Marelli Sumber Masalah YZR-M1 Kata Valentino Rossi

ECU Magneti Marelli

ZONABIKERS.COM – Valentino Rossi menganggap bahwa sumber masalah pada Yamaha YZR-M1 adalah ECU Magneti Marelli.

Rossi menilai bahwa Yamaha memiliki performa yang buruk tahun ini. Meski berhasil meraih gelar juara dunia, tapi secara umum performa YZR-M1 tak berada pada puncaknya.

Baca Juga : The Legend of Valentino Rossi : Koleksi 9 Gelar Juara Dunia Antara 1997 – 2009

Menurut Rossi, permasalahan utama M1 ada pada elektronik yang disuplai Magneti Marelli. ECU tersebut jadi masalah utama masalah yang dihadapi Yamaha.

Loading...


Saat mengendalikan M1 dengan ECU Magneti Marelli, ia sering mengeluh masalah ban yang disuplay Michelin. Ia merasa bahwa usia pakai ban belakang lebih pendek dan lebih cepat habis.

Fabio Quartararo - Trek Sirkuit Austin 2021 - ECU Magneti Marelli

Kondisi tersebut membuat pembalap hanya kencang di awal balapan. Sementara jelang akhir balapan nyaris semua pembalap kesulitan mengendalikan motornya.

Loading...


”Dalam balapan aku sangat kesulitan karena setelah beberapa lap aku mengalami masalah dengan ban belakang,” papar Rossi.

Meski sering mengalami masalah pada ban belakang, Rossi tak menganggap ban yang disuplai perusahaan dengan ikon Bibendum itu bukan permasalahan utama.

Menang, karakter ban Michelin sangat berbeda dengan Bridgestone tapi itu bukan masalah besar. Rossi menilai sumber permasalahannya ada pada ECU yang digunakan Yamaha.

Loading...


Baca Juga : Gosip Panas MotoGP Fabio Quartararo Akan Tinggalkan Yamaha? Diam-diam Bertemu Bos Repsol Honda

Baca Juga : Kolaborasi Akrapovic dan MV Agusta Hadirkan Knalpot Titanium Untuk F3 RR, Tenaga Naik Signifikan

Baa Juga : Ternyata Casey Stoner Banyak Belajar Dari Pembalap Ini, Bukan Jorge Lorenzo Atau Valentino Rossi

Loading...


“Aku pikir Yamaha adalah motor yang paling kehilangan performanya saat MotoGP menggunakan single ECU Magneti Marelli pada tahun 2015. Dengan elektronik Yamaha, M1 sangat seimbang dan sangat bagus, para insinyur Yamaha dapat bekerja dengan sangat baik dengan elektronik mereka untuk memperbaiki masalah apa pun yang kami miliki,” tutur Rossi.

Tapi saat Yamaha menggunakan software Magneti Marelli, sambung Rossi, itu jadi langkah besar bagi dirinya dan orang-orang di Yamaha. Motor jadi sangat sulit untuk dikendalikan. Bukan cuma masalah pada traksi kontrolnya, tapi masalah juga dirasakan pada bagian mesin. Karakter mesinnya berubah.

“Jadi semuanya kurang seimbang. Selama tahun-tahun berikutnya para insinyur Yamaha memiliki banyak masalah saat bekerja dengan ECU Magneti Marelli dan aku pikir ini masih menjadi masalah utama,” tegas Valentino Rossi.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here