Ekstra Fan Buat Radiator Skutik, Mesin Bore Up Bebas Gerah

Demi mengejar performa, banyak dari pengguna skutik 150 cc, seperti Yamaha NMax dan Aerox, serta Honda PCX dan Vario meningkatkan volume mesinnya, alias bore up.

Tapi, masalah bakal seperti performa yang justru drop muncul kalau nggak dipenuhi dengan pendinginan yang mumpuni. Salah satunya dengan menambah ekstra fan, alias kipas tambahan pada bagian radiatornya Sob.

Seperti yang ditawarkan bengkel Monyet Retro yang mengembangkan ekstra fan bareng BRN Technical.

“Ekstra fan akan membantu pendinginan radiator mesin lebih cepat, cocok buat motor yang sudah bore up dan kerap macet-macetan. Kemampuannya dalam 10 detik bisa turun 10 derajat celcius,” buka Davi Margera, owner Monyet Retro di bilangan Jatipadang, Jakarta Selatan.

Ditunjang cover almunium dan fan dari Panasonic 15 watt, ekstra fan ini diklaim berbobot ringan dan nggak bebani kinerja aki. Selain itu, fan juga tahan air. Sehingga meski dicuci steam, atau kena hujan tetap aman.

Untuk kinerjanya, ekstra fan ditunjang modul on/off dengan sensor di bagian radiator. Sehingga kipas baru akan menyala saat suhu mesin mencapai 90 derajat celcius, lalu mati di 86 derajat.

“Karena suhu idealnya segitu. Kalau dibawa touring justru jarang nyala, karena pendinginannya optimal. Tapi kalau macet-macetan, baru sering nyala,” urai Davi.

Kipas Akan Mendinginkan Mesin Saat Suhu 90 Derajat Celcius

Untuk harganya, pria yang juga spesialis mobil VW ini mematok Rp 850 ribu untuk ekstra fan pada radiator standar. Tapi kalau model radiator besar dari aftermarket, harga ekstra fannya mencapai Rp 950 ribu.

Untuk pemesanannya bisa dilakukan online lewat DM di Instagram, Monyet_Retro. Atau bisa lewat speed shop reseller seperti FAT Motorsport di Pondok Bambu, atau Rakyat Sinting Matic Shop di Pejaten. Serta BRN Technical di Pasar Minggu.

Comments
Shares