Sunday, January 17, 2021

Empat Hal Ini Bikin Kampas Kopling Motor Cepat Aus

Dalam pemakaian normal, kampas kopling di motor sport biasanya baru diganti setelah pemakaian 15.000-20.000 km, atau 2 tahun.

Namun banyak juga pengguna motor sport yang sudah mengganti kampas koplingnya dengan usia pakai lebih singkat Sobat Zonbie. Hal ini dikarenakan kampas kopling yang lebih cepat aus. Kenapa?

Dikutip dari Suzuki Indonesia, ada empat hal penting yang kerap bikin kampas kopling motor lebih cepat aus dari kondisi normalnya.

1. Sobat Zonbie yang sering buka-tutup kopling sambil menghentak-hentakkan tuas gas, menggantung tuas kopling atau mengemudi dengan setengah kopling. Nah ini bakal bikin kampas kopling cepat aus.

2. Kebiasaan menahan tuas kopling saat posisi berhenti lama. Semisal berhenti di lampu merah, Anda menahan tuas kopling sementara posisi gigi masuk.

Ada baiknya, untuk berhenti lama (sekitar 1 menit) posisi gigi dinetralkan dan tuas kopling dilepas.

3. Bukan cuma riding habit, faktor teknis pun bisa jadi penyebab kampas kopling yang cepat aus Sobat Zonbie. Misalnya, setelan kopling yang terlalu dekat.

Idealnya, jarak bebas tuas kopling sekitar 1,5-2 cm saja. Dengan cara ini, kampas kopling bisa dimaksimalkan, dan usia pakainya pun jadi lebih lama.

Latest Update