Empat Hal Ini Wajib Diperhatikan Pasca Skutik Menerabas Banjir

Musim hujan yang hadir di Indonesia saat ini kerap menghadirkan banjir di beberapa lokasi. Terkadang, Sobat Zonbie yang menggunakan skutik nggak gentar nih menghadapi banjir.

Padahal, ada hal yang berbahaya jika skutik dipaksa menerabas banjir. Mulai dari resiko mogok, hingga water hamer yang membuat peranti mesin rontok dan wajib mengalami perbaikan besar.

Tapi, kalau sukses menerabas banjir, tetap ada komponen yang patut diperhatikan agar motor tetap terjaga performanya dan mencegah kemungkinan adanya kerusakan. Suzuki Indonesia menyarankan pengecekan empat bagian ini Sobat Zonbie.

1. Filter udara

Filter udara tugasnya adalah menyaring kotoran yang terbawa udara. Nah saat musim hujan filter udara akan bekerja lebih keras, dan bisa rusak jika terendam air banjir.

2. Knalpot

Apabila kemasukan air, motormu beresiko mogok karena air di dalam knalpot menghambat arus gas buang siasa pembakaran di mesin.

3. CVT atau continously variable transmission

Air yang masuk akan mengganggu kinerja drive pulley dan driven pulley, sehingga tidak mau mentransfer tenaga mesin ke roda.

4. Oli mesin

Oli yang bercampur air otomatis akan merusak jeroan mesin motor kesayangan Anda, maka segera ganti.

Comments