Empat Pabrikan Motor Jepang Bangun Konsorsium Baterai Motor Listrik

Sejarah bagi dunia motor listrik terjadi pekan lalu dari Tokyo, Jepang nih Sobat Zonbie! Bagaimana tidak, jika selama ini empat pabrikan motor asal Jepang yang dikenal sebagai The Big Four saling berkompetisi, maka kini justru berkolaborasi.

Keempat pabrikan, yakni Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki sepakat untuk membuat konsorsium baterai yang akan digunakan oleh motor listrik mereka.

Para petinggi yang hadir diantaranya Daiki Mihara, General Manager, Departemen Perencanaan Bisnis Sepeda Motor Honda Motor Co., Ltd. Lalu Tatsuya Arinishi, General Manager Divisi Strategi Yamaha Motor.

Loading...


Ada juga Takeshi Fukudome, GM Departemen Perencanaan Sepeda Motor, Suzuki Motor Company. Serta Kenichi Furuhashi, Manajer Umum, Divisi Perencanaan, Perusahaan Sepeda Motor & Mesin, Kawasaki Heavy Industries, Ltd.

Foto: Autoby

Konsorsium ini akan mengembangkan baterai portable yang dapat diganti pada sepeda motor listrik, mirip yang dipakai di Honda PCX Electric dan Honda Benly Electric.

Tujuan dibangunnya konsorsium baterai ini sendiri untuk mempercepat pengembangan motor listrik di masa depan. Serta memudahkan penyebaran motor listrik di Jepang itu sendiri.

Loading...


Baca Juga: Honda Benly Electric, Skuter Listrik Pengangkut Barang Berbaterai Portable

Sementara sistem baterai portable dipilih karena kemudahan pemakaian dan kepraktisannya dalam mempersingkat waktu ketimbang penggunaan stasiun pengisian daya Plug In yang membutuhkan waktu pengecasan baterai lebih lama.

Baca Juga: Ini Tiga Skuter Listrik Bersejarah Dari Honda

Loading...


Belum ada konfirmasi mengenai kapan masing-masing pabrikan akan memproduksi motor listrik mereka. Namun hal ini tentu jadi awal keseriusan pabrikan motor Jepang untuk turun di era motor listrik.

Dan di masa depan, Sobat Zonbie pemilik Honda PCX Electric bisa saja memakai baterai dari Yamaha, atau Suzuki. Hehehe…

Loading...