Wednesday, January 20, 2021

Enam Langkah Mudik Aman dan Nyaman dengan Sepeda Motor

Motor mungkin bukan alat transportasi utama yang dipilih oleh sebagian pemudik. Tapi bukan berarti motor kini ditinggalkan pemudik, khususnya untuk rute perjalanan yang singkat.

Dengan karakteristik sepeda motor, bukan hanya kondisi fisik yang harus dipersiapkan dengan baik oleh pemudik, akan tetapi sangat disarankan juga untuk mempersiapkan kendaraan dengan baik, diantaranya:

1. Melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kendaraan yang akan digunakan maksimal 1 minggu sebelum digunakan agar dapat melakukan adaptasi dengan kondisi kendaraan yang baru. Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa bagian penting seperti kaca spion, sistem kelistrikan, lampu-lampu, rem, dan penggerak berfungsi dengan baik.

2. Waspada saat berkendara dengan memperhatikan keadaan depan, belakang, kanan, dan kiri kendaraan dengan selalu memperhatikan jarak antara kendaraan baik di depan maupun belakang.

3. Pemudik menggunakan motor dihimbau untuk merencanakan perjalanan dengan baik termasuk mencari dan mengetahui jalur alternatif yang dapat dilalui, serta tidak membawa barang berlebih agar keseimbangan kendaraan tetap terjaga.

4. Jika pengemudi sudah merasa lelah atau mengantuk sebaiknya berhenti di rest area untuk beristirahat. Saat beristirahat pastikan kembali bahwa melakukan pengecekan terhadap motor di beberapa bagian penting.

Latest Update