Fabio Quartararo Kena Penalti Usai Senggolan dengan Aleix Espargaro

Fabio Quartararo Kena Penalti Usai Senggolan dengan Aleix Espargaro

ZONABIKER.COM – Fabio Quartararo dijatuhi hukuman long lap penalty usai insiden MotoGP Belanda 2022 di Sirkuit Assen pada Minggu (26/6/2022).

Seperti diketahui, Quartararo terlibat insiden dengan Aleix Espargaro di tikungan ke lima, memasuki lap keempat. Fabio Quartararo secara tiba-tiba menggunting di lap kelima.

Aksi sembrono itu membuat dirinya mengalami lowside dan menyenggol Aleix Espargaro hingga dirinya nyaris terjatuh dah terjebak ke gravel.

Loading...


Terkait insiden yang melibatkan kedua pebalap tersebut, Stewards di Assen menilai Fabio Quartararo bersalah, lantaran terlalu memaksa menyalip Aleix Espargaro.

“Panel Stewards FIM MotoGP menilai Quartararo terlalu ambisius dalam mencoba menyalip Espargaro. #20 tidak dalam posisi untuk melakukan gerakan dengan sukses dan kemudian jatuh, menyebabkan kontak dengan #41 sehingga memaksanya melebar,” dikutip dari rilis resmi MotoGP, Minggu (26/6/2022).

“Tindakan menghindar yang dilakukan oleh Espargaro memungkinkannya untuk menghindari tabrakan dan bergabung kembali. Namun demikian, tetap berpengaruh. Quartararo mendapat hukuman long lap penalty yang akan ia jalani di balapan MotoGP di Monster Energy British Grand Prix,”  lanjut keterangan tersebut.

Loading...


Usai mengalami insiden itu keduanya masih melanjutkan balapan. Aleix sendiri sempat merosot ke posisi 15, namun bukan menyerah, ia perlahan kembali mengejar podium dan menyusul pebalap lain satu per satu, hingga akhirnya finis di posisi keempat.

Namun sayang nasib buruk justru menimpa Fabio Quartararo. Rider yang mendapat julukan El Diablo itu mengalami high side menyisakan 14 lap terakhir. Akibat kecelakaan kedua itu, Quartararo tidak dapat menyelesaikan balapan dan harus rela kehilangan poin.

Seri Belanda ini sekaligus menjadi penutup paruh pertama di musim 2022, para rider akan memasuki masa libur musim panas selama satu bulan penuh. Adapun untuk seri berikutnya baru akan digelar pada 7 Agustus mendatang di Silverstone.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here